Laporkan Masalah

ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI MAHASISWA BERDASARKAN KARAKTERISTIK MODA (Studi Kasus: Rute Yogyakarta - Jakarta)

ADHITYA RIZKI, Dr. Eng. Imam Muthohar, S.T., M.T.

2013 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Pemilihan moda transportasi menjadi bagian yang sangat penting dan selalu terjadi ketika seseorang hendak melakukan perjalanan. Pemilihan terhadap moda transportasi yang digunakan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karakteristik dari moda transportasi itu sendiri. Pertimbangan waktu, biaya dan tingkat pelayanan adalah hal yang menentukan dalam proses pemilihan moda transportasi yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan moda transportasi dengan model regresi, sehingga diketahui faktor apa yang paling signifikan pengaruhnya terhadap pemilihan suatu moda. Moda transportasi yang dikaji dalam penelitian ini adalah moda transportasi yang melayani rute Yogyakarta-Jakarta, yaitu pesawat terbang, kereta api dan bus. Selain itu, responden yang dalam hal ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik UGM asal Jakarta dan sekitarnya, diminta untuk memberikan penilaian terhadap tingkat pelayanan dari moda transportasi yang telah dipilih, yang bertujuan untuk mengetahui indikator pelayanan yang dinilai baik dan yang dinilai kurang baik atau mendapat penilaian terendah dari persepsi mahasiswa. Berdasarkan hasil survei terhadap responden mahasiswa asal Jakarta dan sekitarnya sebanyak 160 orang, diketahui persentase pemilihan moda transportasi mahasiswa untuk kereta api sebesar 48%, pesawat terbang 41% dan bus 11%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pengaruh yang paling signifikan untuk pemilihan moda pesawat terbang adalah tingkat pelayanan dan tarif angkutan. Untuk moda kereta api, faktor pengaruh yang paling signifikan adalah ketersediaan berbagai pilihan moda untuk menuju stasiun keberangkatan dan untuk menuju tempat tujuan akhir dari stasiun kedatangan. Untuk moda bus, faktor pengaruh yang paling signifikan adalah ketersediaan berbagai pilihan moda untuk menuju tempat tujuan akhir dari terminal kedatangan. Indikator pelayanan moda pesawat terbang yang mendapat penilaian tertinggi adalah keselamatan perjalanan dan kemudahan informasi dan pembelian tiket, lalu indikator pelayanan yang mendapatkan nilai terendah adalah kenyamanan dari ergonomi/desain tempat duduk pesawat. Indikator pelayanan moda kereta api yang mendapat penilaian tertinggi adalah keselamatan dalam perjalanan, kemudahan informasi dan pembelian tiket, serta keandalan dan ketepatan waktu keberangkatan, lalu indikator pelayanan yang mendapatkan nilai terendah adalah kenyamanan dalam perjalanan. Indikator pelayanan moda bus yang mendapat penilaian tertinggi adalah temperatur di dalam angkutan, ergonomi/desain tempat duduk angkutan, kenyamanan selama perjalanan dan kebersihan di dalam angkutan, lalu indikator pelayanan yang mendapatkan nilai terendah adalah ketepatan waktu/jadwal keberangkatan.

The selection of transportation becomes an important part and is happening when someone is willing to travel. The selection of transportation which will be used can be influenced by several factors, such as the characteristics of transportation itself. The consideration of time, cost, and service are the things that will determine the selection of what kind of transportation they will use when they travel. The Research is done by analyzing the factors that influence respondents in selecting their choice of transportation with regression model, so that it can be seen which factor is the most significant on influencing the selection. The kind of transportation that is being studied in this research is the transportation which has Yogyakartta-Jakarta route,such as Airplane, train, and bus. Beside that, the respondent for the research are the students of engineering faculty from Jakarta and the areas nearby. They are being asked to share their opinions about the service of transportation they have chosen. It has a purpose to know its assessment indicators whether it’s good, rather good or bad. It has also been done with multinomial logit to come with a result of the utility value of each transportation and to indicates the probability of each kind transportation being chosen. The result of multinomial logit then will be compared with the result of transportation selection survey. Based on the survey result of respondents which is students from Jakarta and the areas nearby as many as 160 students, it can be known the percentage of selection for student transportation by trains is 48 %, airplanes and buses is 41% and 11%. The result of this research shows the most significant factor on influencing the selection of airplanes are the service and cost. For the selection of trains is the availability of wide range of transportations to reach the host train station and the final destination from home train station. For the selection of buses is the availability of wide range of transportation to reach the destination from home bus station. Performance Indicators for airplane which is getting the highest ratings are the travel safety, ease of travel information and ticket purchasing, while the lowest one is convenience of ergonomics / design of aircraft seating. Performance indicators for trains/ railway which is getting the highest ratings are the travel safety, ease of information and ticket purchasing, as well as the reliability and punctuality of departure, while the lowest one is convenience while traveling. Performance Indicators for buses which is getting the highest ratings are bus temperature, ergonomics / design of seating, and the convenience and cleanliness while traveling by bus, while the lowest one is the punctuality / departure schedule.

Kata Kunci : pemilihan moda, faktor pengaruh, tingkat pelayanan, model regresi, mode choice, influencing factor, level of service, regression model

  1. S1-FTK-2013-AdhityaRizki-abstract.pdf  
  2. S1-FTK-2013-AdhityaRizki-bibliography.pdf  
  3. S1-FTK-2013-AdhityaRizki-tableofcontent.pdf  
  4. S1-FTK-2013-AdhityaRizki-title.pdf