Laporkan Masalah

Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Hasil Belajar Siswa SMA: Systematic Review

ALIFIA PARANANDILA P, Dr. dr. Budi Pratiti, Sp.KJ

2023 | Skripsi | S1 KEDOKTERAN

Latar belakang: Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan seseorang untuk dapat terus terhubung dengan dunia maya sehingga dapat mendorong berkembangnya alat komunikasi seperti telepon pintar (smartphone). Smartphone digunakan oleh semua orang untuk mengakses media sosial, menonton film, mencari informasi hingga untuk bermain game online. Aktivitas yang berlebihan dengan smartphone dapat menyebabkan kecanduan. Kecanduan smartphone menimbulkan berbagai efek pada hubungan keluarga, sosial, kesehatan hingga kesehatan mental. Terlebih lagi, adanya pandemi covid-19 sejak tahun 2020 membuat kegiatan belajar mengajar dilakukan secara dalam jaringan/daring (online). Selain untuk membantu proses pembelajaran, smartphone juga digunakan untuk siswa SMA sebagai hiburan. Penggunaan smartphone yang tidak normal menimbulkan kecanduan yang memiliki dampak pada penurunan hasil belajar dan prestasi akademik. Tujuan: Mengetahui hubungan kecanduan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA. Metode: Penelitian ini menggunakan metode systematic review terhadap manuskrip yang membahas mengenai kecanduan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA. Penelitian telaah sistematis dilakukan berdasarkan pedoman diagram alir PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and MetaAnalysis). Artikel yang digunakan adalah artikel yang terpublikasi pada tahun 2018 hingga tahun 2022. Manuskrip yang diperoleh diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Artikel yang digunakan untuk systematic review sebanyak 16 artikel. Hasil penelaahan artikel menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecanduan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA yaitu kecanduan smartphone dapat menurunkan hasil belajar siswa SMA. Hal ini disebabkan karena berkurangnya konsentrasi siswa saat proses pembelajaran karena terlalu fokus bermain smartphone, manajemen waktu yang kurang antara menggunakan smartphone untuk belajar dan hiburan, tugas dan pekerjaan rumah yang tidak dikerjakan karena terlalu fokus bermain smartphone. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kecanduan smartphone dengan hasil belajar siswa SMA. Siswa SMA yang mengalami kecanduan smartphone memiliki hasil belajar yang menurun.

Background: Advances in information and communication technology allow a person to be able to continue to be connected to the virtual world so that it can encourage the development of communication tools such as smartphones. Smartphones are used by everyone to access social media, watch movies, and find information to play online games. Excessive activity with smartphones can lead to addiction. Smartphone addiction causes various effects on relationship with family, social, health, and mental health. Moreover, the Covid-19 pandemic since 2020 has made teaching and learning activities carried out online. In addition to helping the learning process, smartphones are also used by high school students as entertainment. Excessive use of smartphone causes addiction, which has an impact on decreasing learning outcomes and academic achievement. Objective: To find out the relationship between smartphone addiction with learning outcomes of high school students. Method: The research uses a systematic review method of manuscripts that discuss smartphone addiction with learning outcome of high school. This systematic review was conducted based on the PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis). The articles used are articles published in 2018 to 2022. Article searches are four database on the Science Direct, Scopus, Springer Link, and Ebsco. The manuscripts obtained were selected based on inclusion and exclusion criteria. Result: The articles used are 16 articles for systematic review. The results of the article review show that there is a relationship between smartphone addiction with learning outcomes of high school students because smartphones addiction can reduce learning outcomes. This is due to the reduced concentration of students during the learning process, lack of time management between using smartphones for learning and entertainment, assignments and homework because they are too focused on playing smartphones. Conclusion: There is a relationship between smartphone addiction with learning outcomes of high school students. High school student who are addicted to smartphone have decreased learning outcomes.

Kata Kunci : Siswa SMA, kecanduan smartphone, hasil belajar

  1. S1-2023-397871-abstract.pdf  
  2. S1-2023-397871-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-397871-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-397871-title.pdf