Laporkan Masalah

NALISIS PENGARUH PENDAFTARAN MEREK TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi pada Fasilitasi Pendaftaran Merek oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta)

KINGKIN WARDANI, I Wayan Nuka Lantara, M.Si., Ph.D.

2023 | Tesis | Magister Ekonomika Pembangunan

Metode kuantitatif yang didukung oleh naratif, intepretatif, kualitatif digunakan dalam penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pendaftaran merek pelaku usaha industri kecil dan menengah terhadap kinerja perusahaan (penjualan) secara komprehensif. Merek yang merupakan salah satu aset yang masuk dalam aset tidak berwujud kategori kekayaan intelektual patut mendapatkan perhatian khusus. Data yang digunakan adalah data primer pelaku usaha dan pemangku kebijakan terkait pendaftaran merek di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dengan metode purposive sampling. Analisis kuantitatif melalui uji beda, metode regresi sederhana dan regresi berganda menunjukkan bahwa pendaftaran merek berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dan tingkat penjualan perusahaan tahun 2021. Uji beda (independent t-test) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata penjualan antara kelompok perusahaan dengan merek terdaftar dan belum terdaftar. Metode regresi sederhana meregresikan persepsi pengaruh pendaftaran merek yang sudah dilakukan pelaku usaha dengan persepsi kinerja perusahaan atas pendaftaran merek tersebut. Dalam metode regresi berganda tidak hanya pendaftaran merek saja yang berpengaruh terhadap tingkat penjualan IKM tetapi biaya pemasaran dan ukuran perusahaan juga berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan perusahaan. Analisis kualitatif dilakukan dengan sumber data hasil wawancara terhadap pemangku kebijakan terkait pendaftaran merek dan pelaku usaha baik yang mereknya sudah terdaftar, ditolak pendaftarannya dan yang belum terdaftar. Sebagian besar interviewee penelitian menyatakan bahwa merek berpengaruh terhadap penjualan dan kinerja IKM dengan berbagai pandangan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata Kunci: Industri kecil dan menengah, pendaftaran merek, kekayaan intelektual, kinerja perusahaan, tingkat penjualan, aset tidak berwujud

Quantitative methods supported by narrative, interpretive, and qualitative are used in research with the goal of analyzing the impact of small and medium-sized industrial business trademark registration on comprehensive company performance (sales). The data used are primary data acquired from business practitioners and policy makers related to trademark registration in the Special Region of Yogyakarta collected through questionnaires and interviews using a purposive sampling method. Quantitative analysis using test of difference, simple regression and multiple regression methods show that brand registration (trademark) has a positive effect on firm performance and sales levels for the 2021 period. Test of difference (independent t-test) shows that there are differences in the average value of sales between groups of companies with registered and unregistered trademark. The multiple regression method regresses the perception of the effect of brand registration (trademark) that has been carried out by business practitioners with perceptions of firm performance on the trademark registration. In the multiple regression method, it is not only trademark registration that influences the sales level of small- and medium-scale industry, but marketing costs and company size also have a beneficial effect on the company's sales level. Qualitative analysis based on the results of interviews with stakeholders regarding trademark registration and business practitioners, both those whose marks have been registered, whose registration has been refused and those which have not been registered. Most of the research interviewees stated that brands influenced the sales and performance of SMIs with various views, both directly and indirectly. Keywords: small- and medium-scale industry (SMIs), trademark, intelectual property, firm perfomance, sales, intagible asset

Kata Kunci : Industri kecil dan menengah, pendaftaran merek, kekayaan intelektual, kinerja perusahaan, tingkat penjualan, aset tidak berwujud