Laporkan Masalah

Peran Kecerdasan Emosi terhadap Kesiapan Kerja pada Pengurus Organisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

ALVIN RIZKI SITOMPUL, Indrayanti, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Kesiapan kerja didefinisikan sebagai representasi seseorang dengan keterampilan dan berbagai atribut yang dapat mempersiapkan mereka untuk berhasil di dunia kerja. Kesiapan kerja sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah kecerdasan emosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana peran kecerdasan emosi terhadap kesiapan kerja menggunakan regresi linier. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan skala yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Emosi dan Skala Kesiapan Kerja. Partisipan dalam penelitian ini merupakan pengurus organisasi mahasiswa di Fakultas Psikologi UGM (n=184). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi bisa memengaruhi kesiapan kerja secara simultan sebesar 45,6%. Secara parsial, seluruh aspek pada kecerdasan emosi dapat memengaruhi kesiapan kerja (p<0,05).

Work readiness is defined as representing a person with the skills and various attributes that can prepare them to succeed in the world of work. Work readiness itself is influenced by several things, one of them being emotional intelligence. Therefore, this study aims to understand the role of emotional intelligence on work readiness using linear regression. This study uses a survey method with the scale used as are the Emotional Intelligence Scale and the Work Readiness Scale. Participants in this study were staff of student organizations at the Faculty of Psychology of the UGM (n=184). The result showed that emotional intelligence can simultaneously influence work readiness for 45,6%. Partially, all aspects of emotional intelligence can influence work readiness (p<0,05).

Kata Kunci : kecerdasan emosi, kesiapan kerja, organisasi mahasiswa

  1. S1-2023-442847-abstract.pdf  
  2. S1-2023-442847-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-442847-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-442847-title.pdf