Aksi Klitih Pelajar Kota Yogyakarta dalam Perspektif Etika Pancasila Nilai Kemanusiaan
FAUZAN RAHMATULLAH B, Dr. Sonjoruri Budiani Trisakti. M.A.; Dr. Ridwan Ahmad Sukri. S.S.,M.Hum.
2022 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian Aksi klitih pelajar kota yogyakarta dalam perspektif etika pancasila nilai kemanusiaan merupakan penelitian yang berisi tentang penyelidikan hubungan antara Etika Pancasila Nilai Kemanusiaan degan Aksi Klitih Pelajar Kota Yogyakarta, serta dapat dipersempit dengan salah satu pandangan nilai tentang kemanusiaan yang ada dalam etika Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menjelaskan dan mendeskripsikan Etika Pancasila Nilai Kemanusiaa. 2) menjeleskan aksi klitih yang dilakukan pelajar Kota Yogyakarta. 3.) menjelaskan hubungan antara Etika Pancasila Nilai Kemanusiaan dengan aksi klitih yang dilakukan pelajar Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang berjenis kualitatif dengan model penelitian sistematis-observasi-wawancara dan berfokus pada Nilai Kemanusiaan pada Etika Pancasila dan aksi klitih yang dilakukan oleh pelajar Kota Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis objek formal dan objek material serta menggabungkannya: 1) deskripsi; 2) analisis; 3) komparasi; 4)Induksi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah: Pertama, terdapat tiga masalah pokok: 1. Penjelasan mengenai Etika Pancasila Nilai Kemanusiaan, 2. penjelasan aksi klitih yang dilakukan oleh pelajar Kota Yogyakarta, 3. Hubungan atau korelasi antara Etika Pancasila Nilai Kemanusiaan dengan aksi klitih yang dilakukan Pelajar Kota Yogyakarta . Kedua, pembacaan permasalahan tersebut dengan analisis yaitu Nilai Kemanusiaan Etika Pancasila dalam memandang Aksi Klitih Pelajar di Kota Yogyakarta. Ketiga, analisis ketiga problem menghasilkan tesis bahwa aksi klitih yang dilakukan oleh pelajar Kota Yogyakarta dapat dipandang melalui perspektif etika Pancasila terutama pada nilai kemanusiaan, dan menjadi common sense bahwa nilai kemanusiaan perlu dijunjung tinggi pada aksi klitih yang dilakukan pelajar Kota Yogyakarta
The study of Pancasila ethics as a humanitarian action perspective for Yogyakarta students of the city of Indonesia is a study of the relationship between Pancasila ethics the value of humanity with the Yogyakarta city student act, and it can be narrow with one of the values views on humanity available in Pancasila ethics.. The purpose of this study is: 1) to explain and describe the Pancasila ethics the value of humanity. 2) drawing on the action of Yogyakarta city study.3.) describes the relationship between the Pancasila ethics "humanitarian value" and the Yogyakarta city student. The study is a qualitative library study with a system-observations research model and focuses on the human value on the Pancasila ethics and the Yogyakarta project done by city scholars Yogyakarta. The research method used is the method of analyzing formal objects and material objects and combining them: 1) description; 2) analysis; 3) comparison; 4) induction. The results of this study are: first, there are three basic problems: 1. An explanation of the Pancasila ethics the value of humanity, 2. A klitih explanation by city scholars Yogyakarta, 3. The relationship or correlation between the Pancasila ethics humanitism and the Yogyakarta city student act. Second, the reading of the problem with an analysis of the value of humanity Pancasila ethics views the actions of students in the city of Yogyakarta. Third, the analysis of the three problems produced the thesis that Yogyakarta city students do can be viewed through a Pancasila ethical perspective mainly on human values, and it became common sense that humanitarian values need to be held high in the klitih action done by Yogyakarta city students.
Kata Kunci : Etika Pancasila, Nilai Kemanusiaan, Aksi Klitih, Pelajar Kota Yogyakarta