Konsep, Frame, dan Model Kognitif Ideal Perempuan dalam Perspektif Laki-Laki
PUTRI AMATUL NOOR, Dr. Sailal Arimi, M.Hum.
2023 | Skripsi | S1 BAHASA DAN SASTRA INDONESIAPenelitian ini dilakukan untuk menganalisis perspektif laki-laki terhadap perempuan. Objek penelitian berupa kosa kata perempuan yang ditelusuri oleh kajian linguistik kognitif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner yang mengandung beberapa indikator pertanyaan mengenai sosok perempuan. Responden adalah laki-laki berusia 17-60 tahun. Usia tersebut dianggap telah memiliki pikiran yang lebih berpengalaman untuk mengutarakan argumen mengenai sosok perempuan. Dihasilkan 119 data valid untuk dilakukan analisis dari hasil seluruhnya adalah 168 data. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pola pikir laki-laki dalam melihat sosok perempuan. Perempuan dalam fakta sosial selalu menjadi subjek utama dalam perdebatan, khususnya apabila disandingkan dengan laki-laki. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, perempuan secara konsep dalam pikiran laki-laki adalah seorang ibu, partner sepanjang hidup, pemikat hati, teman atau sahabat, role model, sosok yang berharga, bidadari, lawan jenis, pemberi kenyamanan, ratu, dan cuaca. Perspektif yang muncul menghasilkan definisi perempuan yang sangat bervariasi. Hal tersebut terwujud karena adanya pengutamaan perspektif yang berbeda, meliputi perspektif biologis, perspektif pengalaman, perspektif peran, perspektif fisik, perspektif karakter perspektif kebebasan, perspektif gender equality, perspektif cara berpakaian, perspektif heteronormativitas, perspektif superfisial, dan perspektif hasrat. Perspektif yang dihasilkan membentuk sebuah kategori perempuan dalam pikiran laki-laki yang terbagi dalam beberapa frame, yaitu frame fisik, frame karakter, frame peran, frame pemikat, frame ideologi, frame nilai, dan frame pola pikir. Perspektif-perspektif tersebut juga menghadirkan definisi perempuan yang diidealkan dalam pikiran laki-laki. Definisi ideal tersebut dikemas dalam beberapa model, yaitu model biologis, model pengalaman, model peran, model fisik, model karakter, model kebebasan, model gender equality, model cara berpakaian, model heteronormativitas, model superfisial, dan model hasrat.
This research was conducted to analyze a man's perspective on a woman. The object of research is the vocabulary of "woman," which is traced by cognitive linguistic studies. The data was obtained by distributing questionnaires containing several indicators of questions about women. Respondents were men aged 17-60 years. This age is considered to have a more experienced mind to make arguments about the female figure. This resulted in 119 valid data for analysis of the total results is 168 data. The purpose of this research is to find out the mindset of men in seeing the figure of a woman. Women in social facts have always been the main subject of debate, especially when juxtaposed with men. Based on the analysis that has been done, women are conceptually simple in man's minds are mothers, partner of a lifetime, charmers, friends, role models, valuable figures, angels, the opposite sex, comforters, queens, and weather. The emerging perspectives produce a very varied definition of women. This was realized due to the prioritization of different perspectives, including biological perspectives, experiential perspectives, role perspectives, physical perspectives, character perspectives, freedom perspectives, gender equality perspectives, fashion perspectives, heteronormativity perspectives, superficial perspectives, and desire perspectives. The resulting perspective forms a category of a woman in a man's mind, which is divided into several frames, namely physical frames, character frames, role frames, charm frames, ideological frames, value frames, and mindset frames. These perspectives also present the idealized definition of women in the minds of men. The ideal definition (Idealized Cognitive Model: ICM) is packaged in several models, namely biological models, experiential models, role models, physical models, character models, freedom models, gender equality models, fashion models, heteronormativity models, superficial models, and desire models.
Kata Kunci : Konsep, Perspektif, Frame, ICM, Laki-laki, dan Perempuan/ Concept, Perspective, Frame, ICM, Man, and Woman