REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI ERA DIGITAL
KUNTI DZATILFAUZ, Budi Andayani, Dr., M.A., Psikolog
2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGIProkrastinasi akademik salah satu masalah yang sering terjadi pada siswa, khususnya siswa sekolah menengah atas di era digital. Beberapa faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah efikasi diri akademik dengan mediasi regulasi diri dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji peran regulasi diri dalam belajar sebagai mediator dalam hubungan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah atas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 255 siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif survei dengan menggunakan skala prokrastinasi akademik, skala efikasi diri dalam belajar, dan skala regulasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri dalam belajar terbukti secara signifikan dapat berperan menjadi mediator dalam hubungan antara efikasi diri akademik dengan prokrastinasi akademik pada siswa sekolah menengah atas. Sebagai upaya menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa, regulasi diri dalam belajar dan efikasi diri akademik menjadi faktor penting untuk dikembangkan.
Academic procrastination is a common problem among students, particularly high school students in the digital age. Academic self-efficacy, as mediated by self-regulated learning, is one of several factors that influence academic procrastination. The goal of this research was to look into the role of self-regulated learning as a mediator in the relationship between high school student's academic self-efficacy and academic procrastination. There were 255 participants in this research. The academic procrastination scale, the self-efficacy scale in learning, and the self-regulation scale in learning were used in this quantitative survey. According to the research findings, self-regulated learning plays an important role as a mediator in the relationship between academic self-efficacy and academic procrastination in high school students. Self-regulated learning and academic self-efficacy are important factors to develop to reduce student academic procrastination.
Kata Kunci : prokrastinasi akademik, efikasi diri akademik, regulasi diri dalam belajar