Upaya Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial dan Emosi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman
NAFILAH RIZQY H, Theresia Novi Poespita Candra S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog.
2023 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja upaya guru sekolah dasar di Sleman untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional siswa, serta apa saja tantangan yang dihadapi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, serta analisis tematik sebagai metode analisisnya. Penelitian ini mendapati bahwa pengembangan kemampuan sosial emosional dilakukan melalui upaya membangun hubungan yang positif dengan siswa, merancang kegiatan yang dapat mendukung perkembangan sosial emosional siswa, serta dengan melakuan komunikasi. Tantangan yang ditemukan dalam penelitian ini berasal dari empat sumber utama, salah satunya adalah situasi dan kondisi pembelajaran daring yang membuat guru kesulitan dalam mengajarkan dan memonitor perilaku. Ketiga sumber tantangan lain diantaranya adalah guru, lingkungan sekolah, serta lingkungan luar sekolah.
This study aims to find out what are the efforts of elementary school teachers in Sleman to develop students' social emotional abilities, as well as what challenges they face. This research method uses a descriptive qualitative approach, as well as thematic analysis as the method of analysis. This study found that the development of social emotional competencies was carried out through building positive relationships with students, designing activities that could support students' social emotional development, and by carrying out communication. The challenges found in this study come from four main sources, one of which is the situation and conditions of online learning which make it difficult for teachers to teach and monitor behavior. The other three sources of challenges include teachers, school environment, and outside school environment.
Kata Kunci : upaya guru, kemampuan sosial-emosi, tantangan guru