Laporkan Masalah

Analisis Pelindungan Hukum Terhadap Merchandise Merek BT21 Atas Merchandise Palsu Merek BT21 di Indonesia

NOVARISMA L P, Dr. Veri Antoni, S.H., M.Hum.

2023 | Skripsi | S1 HUKUM

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penjualan merchandise buatan dengan karakter BT21 merupakan pelanggaran hak merek, apakah merek BT21 mendapat pelindungan merek internasional dan apa penyebab masih beredarnya merchandise palsu merek BT21. Penelitian ini menggunakan metode normative-empiris dimana menggunakan hasil wawancara terkait permasalahan yang ada kemudian dikaitkan dengan peraturan yang berlaku dan menggunakan berbagai data kepustakaan serta pertimbangan dari narasumber sebagai bahan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan logo BT21 yang telah terdaftar sebagai merek internasional dalam penjualan merchandise palsu termasuk dalam kategori pelanggaran merek berdasarkan UU Merek dan Indikasi Geografi, namun bukan pelanggaran merek apabila hanya karakter BT21 didalamnya. Berdasarkan penelitian merek BT21 dapat memperoleh pelindungan atas merek internasional di Indoensia. Penulis juga menemukan bahwa terdapat faktor penyebab merchandise merek BT21 masih beredar melalui marketplace seperti lebih mudahnya pemasaran, belum berfungsinya penegankan hukum diharapkan serta kesadaran masyarakat mengenai ketaatan hukum terkait Hak Merek.

The purpose of this study is to find out whether selling merchandise made with BT21 characters is a violation of brand rights, whether the BT21 brand has international brand protection and what causes BT21 trademark infringement to persist. This study uses a normative-empirical method which uses the results of interviews with related respondents to discuss existing problems and then relates them to applicable regulations and uses various library data and considerations from sources as research material. Based on the results of the study, it shows that the use of the BT21 logo which has been registered as an international brand in the sale of counterfeit merchandise is included in the category of trademark violation based on the Trademark and Geographical Indications Law, but not a trademark violation if only the BT21 characters are included. Based on research, the BT21 brand can obtain protection for international brands in Indonesia. The author also finds that there are factors that cause BT21 brand merchandise to still circulate through marketplaces such as easier marketing, the expected lack of functioning law enforcement and public awareness regarding legal compliance related to Brand Rights.

Kata Kunci : Merchandise, BT21, Merek Internasional, Pelindungan Hukum