Literasi Digital dalam Proses Pembelajaran Menurut Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme
DWI APRIYANTO, Dr. Rr Siti Murtiningsih, Dr. Hastanti Widy Nugroho
2022 | Skripsi | S1 FILSAFATPenelitian ini mengkaji tentang dampak dari pengaruh literasi digital pada proses pembelajaran menggunakan tinjauan filsafat progressivisme John Dewey. Filsafat progressivisme John Dewey bertujuan untuk menganalisis baik atau buruknya pengaruh literasi digital pada proses pembelajaran dengan menggunakan standar etis kebijakan atau tindakan yang baik dalam kaitannya dengansosiologis, moralitas dan psikologis yang akan bernilai positif jika mempunyai dampak yang menguntungkan bagi keperluan manusia khususnya peserta didik maupun tenaga pengajar. Penelitian ini berlandaskan pada studi kepustakaan yang sumber datanya berasal dari sejumlah buku, jurnal dan artikel serta berita. Model penelitian yang menggunakan model filsafat kualitatif. Metode penelitian yang dipakai ialah metode deskriptif dengan unsur deskriptif, metode heuristik, deduktif dan kritik kritis. Objek utama penelitian ini ialah pengaruh literasi digital terhadap proses pembelajaran, sedangkan subjek formal penelitian ini adalah Filsafat Progressivisme. Produk dari penelitian pengaruh literasi digital pada proses pembelajaran ditinjau dari filsafat progressivisme yakni pengaruh tersebut secara hakikat merupakan dampak yang positif. Dampak positif yang dihasilkan dari pengaruh literasi digital tersebut berdasarkan filsafat progressivisme John Dewey merupakan kebijakan yang mendukung adanya kebebasan dan keluwesan lembaga / instansi dalam bidang pendidikan agar dapat menggali secara optimal kemampuan, kecerdasan dan potensi yang ada di peserta didik secara luwes, fleksibel, dan komprehensif. Dampak positif yang dihasilkan dinilai baik untuk atau jangka pendek maupun jangka panjang. Kata kunci : Literasi Digital, Progressivisme, Proses pembelajaran, Progress, Peserta didik.
This research focused for the impact of digital literacy on the learning process by making this study focus on the digital literacy effect of the learning process using John Dewey's progressive philosophy review. John Dewey's progress philosophy was to analyze the impact of the digital literation, using John Dewey's progressive philosophy review. John Dewey's progressive philosophy aims to analyze the impact of digital literacy on the learning process by using ethical standards of good policies or actions in relation to sociological, moral and psychological issues that will be studied. Good value if it has a beneficial impact on the human interests of students and teaching staff. The study was based on a library review whose data sources are from a number of books, journals and articles and news. The research model used in this study is a qualitative model of philosophy. The research methods used are descriptive methods with elements of critical description, heuristika, interpretation and reflection. The material object in this study is the impact of digital literacy on the learning process, while the formal object of this study is progressivism philosophy. Research on the impact of digital literacy on the learning process is reviewed from a progressive philosophy, namely the influence is essentially a positive impact. The positive impact resulting from the influence of digital literacy based on John Dewey's philosophy of progressivism is a policy that supports the freedom and flexibility of educational institutions in exploring optimally the abilities, intelligence and potential that exist in students in a flexible, natural, flexible, and democratic way. The resulting positive impacts are assessed for both short and long term. Keywords : Digital Literacy, Progressivism, Learning, Progress, Students.
Kata Kunci : Keywords : Digital Literacy, Progressivism, Learning, Progress, Students.