Penggunaan video sebagai sarana edukasi tentang cara mencuci tangan
AJIMARJOKO S, dr. Retno Sutomo, PhD, SpA(K); dr. Amalia Setyati, SpA(K)
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KEDOKTERAN KLINISLatar belakang : Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling sederhana, efektif dan murah untuk mencegah penyebaran penyakit menular. Anak usia dini sangat rentan terhadap penyakit yang diperantarai oleh tangan yang tidak higienis. Kelompok anak usia dini sangat ideal untuk diperkenalkan dengan prosedur mencuci tangan. Edukasi melalui video merupakan salah satu alternatif pengenalan cara cuci tangan yang benar kepada kelompok anak usia dini. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek edukasi cara cuci tangan menggunakan video terhadap keterampilan cuci tangan pada anak usia dini. Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain untreated control group design with pre-test and post-test pada siswa TK ABA (Aisyiyah Bustanul Athfal) di Mardiputra, Bantul, Yogyakarta. Terdapat 72 anak sebagai subyek penelitian. Perlakuan yang diberikan adalah video animasi yang memuat 6 langkah cuci tangan yang diadaptasi dari cuci tangan menurut Kementerian Kesehatan. Praktik mencuci tangan dinilai oleh observer dengan menggunakan checklist cuci tangan. Post test dilakukan sebanyak 2 kali untuk menilai resistensi dari metode yang diberikan pada kelompok intervensi. Hubungan antara pemberian edukasi cara mencuci tangan melalui video dengan keterampilan cara mencuci tangan didiuji secara statistik melalui tes Mann Whitney. Nilai p<0,05 dianggap bermakna secara statistik. Hasil : Terdapat 33 siswa pada kelompok perlakuan dan 39 siswa pada kelompok kontrol dengan rentang usia 5-6 tahun. Pada post test 1 menunjukkan peningkatan median nilai kelompok intervensi pada angka 5 sedangkan median kelompok kontrol tetap pada skor 1. Post test 2 menunjukkan jika nilai median yang didapatkan kelompok intervensi berada pada angka 4. Median skor post test 2 pada kelompok perlakuan tetap berada pada skor 1. Hasil uji statistik perbandingan post test 1 dan post test 2 pada kelompok perlakuan menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna dan menggambarkan jika kemampuan praktik mencuci tangan siswa kelompok intervensi mampu bertahan setelah 2 minggu diberikan intervensi. Kesimpulan : Edukasi cara cuci tangan menggunakan video dapat meningkatkan keterampilan cara mencuci tangan pada anak usia dini
Background : Handwashing is one of the simplest, effective and inexpensive ways to prevent the spread of infectious diseases. Early childhood is especially susceptible to diseases mediated by unhygienic hands. The early childhood group is ideal to be introduced to the procedure of washing hands. Education through video is an alternative introduction to how to wash hands properly to the early childhood group. Objective : This study aims to evaluate the educational effect of how to wash hands using video on handwashing ability in early childhood. Method : This study used a quasi-experimental method with an untreated control group design with pre-test and post-test design in ABA Kindergarten (Aisyiyah Bustanul Athfal) students in Mardiputra, Bantul, Yogyakarta. There were 72 children as subjects of the study. The treatment given is an animated video consisting of 6 steps of hand washing adapted from hand washing according to the Ministry of Health. Handwashing practices are assessed by observers using a handwashing checklist. Post-test was carried out 2 times to assess resistance from the method given to the intervention group. The relationship between providing education on how to wash hands through videos and the ability to wash hands is statistically tested through the Mann Whitney test. The value of p<0.05 is considered statistically meaningful. Result : There were 33 students in the treatment group and 39 students in the control group with the age range of 5-6 years. Post test 1 showed an increase in the median value of the intervention group at number 5 while the median of the control group remained at a score of 1. Post test 2 shows that the median value obtained by the intervention group is at 4. The median score of post test 2 in the treatment group remained at the score of 1. The results of the statistical test comparison of post test 1 and post test 2 in the treatment group showed that there was no significant difference and illustrated that the handwashing practice ability of the students in the intervention group was able to survive after 2 weeks of intervention. Conclusion : Education on how to wash hands using videos can improve handwashing skills in early childhood
Kata Kunci : Cuci tangan, video, anak usia dini, handwashing, video, early childhood