Laporkan Masalah

Pengembangan Desain UI/UX pada Learning Analytics Dashboard untuk Mempromosikan Pembelajaran Mandiri pada LMS

ZAHRA RIZKI ANNISA, Sri Suning Kusumawardani, Dr., S.T., M.T. ;Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Pandemi dan kemajuan teknologi yang terus berkembang pada era transformasi digital mengakibatkan peralihan pembelajaran yang mulanya tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh. Kegiatan belajar secara daring tidak sepenuhnya mendapatkan kontrol yang baik dari instruktur/pengajar. Hal ini turut disebabkan oleh platform yang ada belum dapat memfasilitasi sebagaimana saat kelas diadakan secara tatap muka. Hal ini juga tentunya berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Dengan demikian, dibutuhkan suatu solusi teknologi untuk tetap menjalankan kegiatan belajar jarak jauh mahasiswa yang optimal seperti halnya dilakukan di ruang kelas bersama pengajar secara tatap muka. Solusi teknologi yang dapat dilakukan adalah dengan menghadirkan visualisasi pencapaian belajar mahasiswa di e-learning untuk mendukung model pembelajaran mandiri di mana siswa dapat mengontrol secara penuh kegiatan belajarnya. Pengajar yang sulit untuk memantau kegiatan belajar mahasiswanya juga dapat memanfaatkan solusi teknologi yang sama berupa dasbor analitik pembelajaran mahasiswa atau yang disebut dengan Learning Analytics Dashboard (LAD). LAD dikembangkan untuk menunjukkan pola perilaku online mahasiswa dalam lingkungan belajar virtual. Fitur pendukung ini bekerja dengan melacak file log mahasiswa, menggali sejumlah besar data untuk menemukan makna dan kemudian memvisualisasikan hasilnya sehingga dapat dipahami secara sekilas. Penelitian ini mencakup proses perancangan desain antarmuka serta perancangan fitur-fitur pada dasbor mahasiswa dan dasbor pengajar hingga pengujian kebergunaan desain dasbor yang dibuat. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa masih kurangnya pengaturan diri mahasiswa dalam belajar jarak jauh dan perlu adanya evaluasi pembelajaran virtual. Untuk mendukung kegiatan belajar mandiri, fitur dasbor menyediakan enam fitur utama, antara lain: info status mahasiswa di kelas virtual berdasarkan prediksi nilai yang didapat dari data log eLOK melalui proses machine learning; fitur keaktifan mahasiswa di forum diskusi; fitur melacak penggunaan waktu sebagai progress belajar di LMS; fitur penargetan task dengan timeline; fitur timer untuk capaian belajar dengan pomodoro; dan fitur rekomendasi peningkatan belajar berupa catatan dari pengajar. Prototipe desain antarmuka diuji menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Untuk metode kuantitatif digunakan metrik SUS dengan hasil 78 di sisi mahasiswa dan 69,58 di sisi pengajar sehingga dapat dikatakan bahwa proyek yang dibuat telah memenuhi standar kelayakan. Perbaikan minor yang dihasilkan dari metode kualitatif adalah agar memperbesar tombol info status dan tambahan keterangan warna pada grafik.

The pandemic and rapid technology development in the era of digital transformation have resulted in the transition from face-to-face learning to distance learning. Online learning activities do not fully get good control from instructors/teachers. This is also due to the fact that the existing platform has not been able to facilitate as when classes are held face-to-face and has an effect on student learning motivation. Thus, a technological solution is needed to continue to carry out optimal student distance learning activities just as it is done in a face-to-face classroom with the teacher. The technological solution designed in this research is to present a visualization of student learning achievements in e-learning to support an independent learning model where students can fully control their learning activities. Teachers who find it difficult to monitor student learning activities can also take advantage of the same technology solution in the form of a student learning analytics dashboard or what is known as a Learning Analytics Dashboard (LAD). LAD was developed to show students' online behavior patterns in a virtual learning environment. This supporting feature works by tracking student log files, digging through large amounts of data to find meaning and then visualizing the results so they can be understood at a glance. This research covers the process of designing the interface design as well as designing the features on the student dashboard and teacher dashboard to testing the usability of the dashboard design made. The results of this study indicate that there is still a lack of student self-regulation in distance learning and the need for an evaluation of virtual learning. To support independent learning activities, the dashboard feature provides six main features, including: information on student status in virtual classes based on grade predictions obtained from eLOK log data through machine learning processes; features of student activity in discussion forums; feature of tracking time usage as learning progress in LMS; task targeting feature with timeline; timer feature for learning achievement with pomodoro; and a learning improvement recommendation feature in the form of notes from the teacher. The interface design prototype was tested using quantitative and qualitative methods. For the quantitative method, the SUS metric is used with results of 78 on the student side and 69.58 on the faculty side so that it can be said that the project has met the feasibility standard. Minor improvement resulting from the qualitative method is to enlarge the status info button and add color captions to the graph.

Kata Kunci : E-learning, Self-Regulated Learning (SRL), Learning Analytics Dashboard (LAD), User Interface, User Experience