Evaluasi Kartografis Penyajian Simbol Pada Peta Navigasi Udara Taktis (Pnut) Skala 1:500.000
DIPA ULHAQ TAN N, Dr. Noorhadi Rahardjo, M.Si., P.M.
2022 | Skripsi | S1 KARTOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUHFungsi peta aeronautika sebagai acuan navigasi menyebabkan penyusunan peta ini perlu diperhatikan, terutama pada aspek simbol. Di sisi lain, ditemukan keterbatasan penyajian simbol di salah satu peta aeronautika buatan instansi militer (TNI AU) yaitu Peta Navigasi Udara Taktis (PNUT) Skala 1:500.000 oleh beberapa penggunanya. Oleh karena itu, penelitian ini akan (1) melakukan evaluasi kartografis penyajian simbol yang pada PNUT, (2) melakukan desain ulang terhadap simbol PNUT secara kartografis, (3) membandingkan tingkat kemudahan keterbacaan simbol pada PNUT saat ini dengan PNUT hasil penyusunan ulang. Tahapan evaluasi dilakukan dengan membandingkan karakteristik simbol PNUT saat ini dengan karakteristik simbol menurut aturan kartografi dan dokumen ICAO Annex 4. Simbolsimbol dengan karakteristik yang tidak sesuai akan didesain ulang dengan cara-cara tertentu. Hasil desain ulang kemudian diujikan tingkat keterbacaannya kepada pengguna PNUT melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil uji ini akan dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menghasilkan PNUT akhir yang efektif dan efisien. Berdasarkan evaluasi, diketahui bahwa simbol jalan (tol, utama, lokal), batas negara, dan warna ketinggian dinilai tidak sesuai sehingga perlu didesain ulang. Selain itu, dilakukan juga desain ulang pada marking label dan isi legenda untuk mempermudah pembacaan peta. Berdasarkan hasil uji keterbacaan, mayoritas responden menyatakan bahwa PNUT hasil desain ulang lebih mudah terbaca daripada PNUT saat ini, baik dilihat dari desain simbol, labelling, hingga tata letak. Walaupun begitu, menurut asprirasi pengguna, simbol jalan hasil desain ulang perlu diperbaiki akibat simbolnya yang masih sulit dibedakan satu sama lain. Melalui serangkaian tahapan ini, dihasilkan PNUT yang lebih efisien dan efekti
The function of aeronautical maps as a navigation reference causes the preparation of this map to be considered, especially in the symbol aspect. On the other hand, it was found that there were limitations in the presentation of symbols on one of the aeronautical maps made by the military agency, namely Tactical Pilotage Chart (TPC) Scale 1: 500,000 by its users. Therefore, this study will (1) evaluate the cartographic representation of symbols in TPC, (2) redesign the TPC symbols in a cartographic manner, and (3) compare the level of readability of symbols in the current TPC with the redesigned TPC. The evaluation stage is carried out by comparing the characteristics of the current TPC symbol with the characteristics of the symbols according to the cartography grammar and the ICAO Annex 4 document. Symbols with inappropriate characteristics will be redesigned in specific ways. The results of the redesign were tested for their readability to TPC users through the distribution of questionnaires and interviews. The results of this test will be analyzed descriptively and qualitatively to produce an effective and efficient final TPC. Based on the evaluation, it was found that the road symbols (toll, main, local), state boundaries, and height colors were incorrect and needed to be redesigned. Even so, according to user aspirations, the redesigned road symbol needs to be improved because the symbols are still difficult to distinguish from one another. Through this research, a more efficient and effective PNUT was produced
Kata Kunci : kartografi, simbol, Peta Navigasi Udara Taktis (PNUT), evaluasi, desain ulang, uji keterbacaan,cartography, symbols, Tactical Pilotage Chart (TPC), evaluation, redesign, readability test