PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KLINIK PRATAMA KUSUMA HUSADA (SIMADA) BERBASIS WEB
NIA KUSUMAWATI S P, Angga Eko Pramono, S.K.M., M.P.H.
2022 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATANLatar Belakang: Pengelolaan data pasien di Klinik Pratama Kusuma Husada Bayat masih bersifat manual sehingga pelayanan pasien masih terbatas dan pencatatan rekam medis pasien belum tertata dengan baik. Sistem manual yang masih digunakan ini tentu saja akan menghambat kegiatan operasional klinik dan menyebabkan inefisiensi waktu pelayanan, diskontinuitas informasi, duplikasi pencatatan data, serta tingginya risiko kesalahan identifikasi pasien. Oleh karena itu, perlu adanya sistem informasi yang dapat membantu petugas dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai dengan kondisi dan kebutuhan klinik. Tujuan: Menghasilkan output berupa sistem informasi manajemen Klinik Pratama Kusuma Husada (SIMADA) Berbasis Web. Metode: Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemrograman java framework serta basis data Mysql. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan forum group discussion (FGD). Responden dalam perancangan sistem ini melibatkan dokter, petugas admisi dan bidan. Hasil: Penelitian ini menghasilkan sistem informasi manajemen klinik berbasis website yang terdiri dari dashboard, pendaftaran pasien, rekam medis pasien rawat jalan, rekam medis pasien rawat inap persalinan, rapid test, dan pelaporan klinik. Sistem ini dapat menyimpan data pelayanan kesehatan secara terintegrasi sehingga pelayanan medis di klinik dapat saling berkesinambungan. Selain itu, sistem ini menyediakan rekam medis elektronik untuk pasien rawat jalan, rapid test, maupun rawat inap persalinan untuk menginput hasil pemeriksaan sehingga mengurangi penggunaan kertas dan penyimpanan. Kesimpulan: Pengembangan sistem informasi manajemen Klinik Pratama Kusuma Husada telah memenuhi kebutuhan pengguna. Perancangan sistem ini diharapkan dapat dikembangkan lagi dengan menambah menu lain agar dapat menghasilkan output lain yang dapat mengoptimalkan kinerja dan produktivitas dalam pelayanan kesehatan.
Background: The management of patient data at the Kusuma Husada Bayat Primary Clinic is manual so that patient care is limited and the recording of patient medical records is not organized. The manual system used hampers clinical operational activities and causes inefficiency in service time, discontinuity of information, duplication of data recording, and a high risk of patient identification errors. Therefore, it is necessary to have an information system that can assist officers in optimizing health services to patients according to clinical conditions and needs. Objective: The resulting output is a Web-based Kusuma Husada Clinic management information system (SIMADA). Methods: The system development used waterfall method with java programming language and springboot framework and MySQL database. Data collection techniques used interviews, observations, documentation studies, and group discussion forums (FGD). Respondents designed by this system involve doctors, admissions officers and midwives. Results: The research resulted in a website-based clinical management information system including dashboards, patient registration, outpatient medical records, inpatient medical records during delivery, rapid tests, and clinical reporting. The system can store integrated health service data so that medical services at the clinic are mutually sustainable. In addition, the system provides electronic medical records for outpatients, rapid tests, and maternity inpatients to input examination results, thereby reducing paper usage and storage. Conclusion: The development of the Kusuma Husada Primary Clinic management information system has met user needs. The design of system is expected to be further developed by adding other menus in order to produce other outputs that can optimize performance and productivity in health services.
Kata Kunci : Sistem Informasi Manajemen, waterfall, berbasis web