Analisis Pengaruh Kinerja Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola Pada Investasi Asing
AMALIA SITI KHODIJAH, Singgih Wijayana, S.E., M.Sc., Ph.D.
2022 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSIPenelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kinerja lingkungan , sosial, dan tata kelola (LST) terhadap tingkat investasi asing melalui reputasi perusahaan. Perusahaan pada negara berkembang, seperti Indonesia, sering kali menghadapi masalah defisit legitimasi dalam proses internasionalisasi perusahaan. Selain itu, masih sedikit penelitian yang melihat upaya manajerial (di luar faktor negara) yang dapat dimaksimalkan dalam meredam masalah defisit legitimasi dan membantu perusahaan dalam menarik masuk investasi asing. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode 2SLS untuk mengatasi masalah endogenitas yang mungkin muncul. Hasil penelitian membuktikan secara empiris pengaruh positif kinerja LST pada investasi asing. Namun, pengaruh ini tidak dapat dijelaskan oleh reputasi perusahaan. Praktik LST yang dilakukan oleh perusahaan Indonesia belum mampu menjadi strategi manajemen kesan yang andal dalam membangun citra yang baik dan meredam masalah defisit legitimasi yang dihadapi perusahaan. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa reputasi perusahaan secara positif mempengaruhi investasi asing karena memberikan sinyal positif yang komprehensif tentang keunggulan kompetitif perusahaan.
This study aims to investigate the effect of environmental, social and governance (ESG) performance on the level of foreign investment through the company's reputation. Companies in developing countries, such as Indonesia, often face the legitimacy deficit in the company's internationalization process. In addition, there are still few studies that investigate managerial efforts (excluding state factors) that can be maximized in reducing the legitimacy deficits and assisting companies in attracting foreign investment. This study uses a sample of non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2019. Hypothesis testing was carried out using the 2SLS method to overcome endogeneity problems that might arise. The results empirically prove the positive influence of ESG performance on foreign investment. However, this influence cannot be explained by the reputation of the company. ESG practices carried out by Indonesian companies have not been able to become a reliable impression management strategy in building a good image and reducing the legitimacy deficits faced by companies. The results also prove that the company's reputation positively affects foreign investment because it provides a comprehensive positive signal about the company's competitive advantage.
Kata Kunci : kinerja LST, investasi asing, reputasi, manajemen kesan.