COMPETITIVE ADVANTAGE OF ANIMATION STUDIO THE CASE OF ANIMATION STUDIO IN INDONESIA IN 2022
ALOYSIUS G SINDHU Y, Agus Setiawan, Dr., M.Soc.Sc.
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Penelitian ini bertujuan untuk membantu Skylight menganalisis profil pesaingnya dan faktor penentu keberhasilan industri animasi 2D Indonesia untuk membantu Skylight merumuskan strategi yang paling menarik untuk mengimplementasikan keunggulan kompetitifnya. Porter's Five Forces, analisis SWOT, Pemetaan Kelompok Strategis dan kerangka faktor kritikal sukses digunakan dalam penelitian ini. Model penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif yang datanya diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Ada 5 kompetitor Skylight yang bergerak di industri animasi 2D di Indonesia. Dari data yang terkumpul dan penilaian dari internal dan lingkungan industri, penulis menganalisis Skylight dan pesaingnya menggunakan pemetaan kelompok strategis dengan membandingkan masing-masing dimensi strategis mereka dengan Skylight. Setelah itu, perbandingan akan dinilai sesuai dengan faktor kunci sukses Skylight untuk menentukan strategi kompetitif paling sesuai yang dapat diterapkan Skylight untuk memperluas pangsa pasarnya.
This research aims to help Skylight analyze its competitor's profiles and critical success factors of Indonesia's 2D animation industry to help Skylight formulate the most appealing strategy to implement its competitive advantage. Porter's five forces, SWOT analysis, Strategic Group Mapping and critical success factor framework are used in this research. Research model in this research is descriptive which data was gathered from interview and documentation. There are 5 Skylight's competitors who are working in 2D animation industry in Indonesia. From the collected data and the assessment from internal and the industry's environment, the writer analyzed Skylight and its competitors using strategic group mapping by comparing each of their own strategic dimensions with Skylight's. After that, the comparison will be assessed accordingly to the Skylight's key success factors to determine the most appropriate competitive strategy that Skylight can implement to expand its market share.
Kata Kunci : Porter's Five Forces, analisis SWOT, Pemetaan Kelompok Strategis, Kritikal Faktor Sukses, Kunci Faktor Sukses, Industri Animasi, Porter�s Five For