Laporkan Masalah

Transformasi Digital Layanan Kesehatan pada Penanganan COVID-19 di Indonesia dalam Perspektif Pembangunan Wilayah

AMANDITA 'AINUR R, Dr. Rini Rachmawati, S.Si., M.T.; Dr. Estuning Tyas Wulan Mei, S.Si., M.Si.

2022 | Tesis | MAGISTER GEOGRAFI

Bencana pandemi COVID-19 di Indonesia menyoroti berbagai macam tantangan layanan kesehatan yang belum mumpuni. Pengembangan layanan kesehatan digital merupakan sebuah transformasi baru yang digunakan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu upaya dalam pengurangan penyebaran virus COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk transformasi digital layanan kesehatan pada penanganan COVID-19 di Indonesia, menganalisis perbandingan implementasi layanan kesehatan digital untuk penanganan COVID-19 antar wilayah di Indonesia, serta menganalisis strategi pembangunan wilayah di sektor kesehatan yang sesuai pada era transformasi digital dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis systematic literature review dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk transformasi layanan kesehatan digital di Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga: layanan kesehatan (63 layanan), sistem informasi kesehatan (82 sistem), dan helpdesk atau sistem manajemen pelanggan (51 jenis). Peta tipologi layanan kesehatan digital di Indonesia menunjukkan bahwa wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah lebih bervariatif dibandingkan dengan Indonesia Bagian Timur. Perbedaan layanan kesehatan digital di setiap daerah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, diperlukan berbagai strategi seperti perbaikan infrastruktur, kolaborasi pemangku kepentingan, dan peningkatan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi layanan kesehatan digital.

The COVID-19 pandemic in Indonesia highlights the various challenges of inadequate health services. The development of digital health services is a new transformation used by the central government as an effort to reduce the spread of the COVID-19 virus. This study aims to identify types of digital transformation of health services in handling COVID-19 Indonesia, analyze the comparison of the implementation of digital health services for handling COVID-19 between regions in Indonesia, and analyze regional development strategies in the health sector that are appropriate in the era of digital transformation in handling COVID-19. The research was conducted using qualitative methods with systematic literature reviews and SWOT analysis techniques. The results show that the transformation of digital health services in Indonesia can be grouped into three: health services (63 services), health information systems (82 systems), and helpdesk or customer management systems (51 types). The typology map of the implementation of digital health services in Indonesia shows that the western and central parts of Indonesia are more varied than the eastern parts of Indonesia. The difference in digital health services in each region is influenced by various factors. Therefore, various strategies are needed, such as infrastructure improvement, stakeholder collaboration, and increasing the factors that affect the implementation of digital health services.

Kata Kunci : Transformasi Digital, Layanan Kesehatan, Penanganan COVID-19

  1. S2-2022-320333-abstract.pdf  
  2. S2-2022-320333-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-320333-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-320333-title.pdf