Sustainable Competitive Advantage Analysis Of PT. Telkom Indonesia Digital Business
BIMA BRAMANTIYA P, B.M Purwanto, Dr., M.B.A.,
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Resource-Based View (RBV) menjelaskan bagaimana sumber daya dan kapabilitas yang dimiliki dan dikendalikan oleh suatu perusahaan dapat mempengaruhi posisi perusahaan dalam persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber daya dan kapabilitas internal bisnis digital PT. Telkom Indonesia yang dapat menjadikan bisnis digital PT. Telkom Indonesia mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui wawancara mendalam dengan tiga responden yang terdiri dari manajer dan pejabat dari bisnis digital PT. Telkom Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis PESTEL untuk analisis lingkungan eksternal dan value driver serta analisis VRIO untuk analisis lingkungan internal. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa diantara enam sumber daya dan kapabilitas dalam bisnis digital PT. Telkom Indonesia, terdapat tiga sumber daya dan kapabilitas yang menghasilkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yaitu infrastruktur jaringan nasional, status badan usaha milik negara, dan inkubasi startup. Rekomendasi yang disarankan adalah PT. Telkom Indonesia sebaiknya membuat unit atau divisi bisnis baru yang fokus pada bisnis digital untuk kedepannya.
The Resource-Based View (RBV) explains how resources and capabilities owned and controlled by a company can influence a company's position in the competition. This research aims to identify which PT. Telkom Indonesia digital business� internal resources and capabilities that can make PT. Telkom Indonesia digital business achieves sustainable competitive advantages. This research uses qualitative research through in-depth interviews with three respondents consisting of managers and officers of PT. Telkom Indonesia digital business. The analysis used in this research is PESTEL analysis for external environment analysis and value drivers and VRIO analysis for internal environment analysis. The research concludes that among the six resources and capabilities of PT. Telkom Indonesia digital business, there are three resources and capabilities which its competitive implication is a sustainable competitive advantage which are nation-wide network infrastructure, state-owned enterprises status, and startup incubation. Suggested recommendations are PT. Telkom Indonesia should make a new business unit or division focusing on digital business.
Kata Kunci : Resources and Capabilities, Value Drivers, VRIO, Sustainable Competitive Advantages