ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MANAJEMEN DATA DI INDONESIA STUDI PADA PT SIGMA CIPTA UTAMA
RIFKI ADRIANDA, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., Ak., CA.,
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Jasa manajemen data teknis hulu migas merupakan bagian penting dalam penunjang industri migas di tanah air karena berperan dalam mendukung kelancaran kegiatan eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas bumi dalam rangka meningkatkan produksi migas nasional dan mendongkrak pendapatan negara dari sektor migas. Namun, dinamika lingkungan eksternal yang terjadi dalam tiga tahun terakhir termasuk triple shock yang diakibatkan oleh salah satunya yaitu pandemi Covid-19, telah membuat persaingan industri manajemen data menjadi semakin ketat dan beberapa perusahaan mengalami pertumbuhan yang rendah bahkan stagnasi. PT Sigma Cipta Utama merupakan anak perusahaan PT Elnusa Tbk yang bergerak di bidang manajemen data dan diperkirakan sebagai pemimpin pasar. SCU merupakan salah satu perusahaan yang menunjukkan pertumbuhan positif bahkan cukup signifikan selama periode 2018-2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diimplementasikan oleh SCU dan mengidentifikasi aspek yang berperan dalam proses implementasi strategi SCU pada bisnis manajemen data ditinjau dari pengaruh lingkungan makro, daya tarik industri, sumber daya dan kapabilitas serta mengidentifikasi kesesuaian strategi yang diimplementasikan dengan situasi lingkungan bisnis dilihat dari posisi perusahaan dalam industri dan pembukuan pendapatan perusahaan dari tahun ke tahun kemudian mengidentifikasi opsi strategi lainnya yang diperkirakan dapat berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik industri manajemen data tergolong menarik. Dari karakteristik yang diperoleh dari data disimpulkan bahwa SCU menerapkan best-cost differentiation strategy. SCU mengimplementasikan beberapa strategi dalam menghadapi persaingan yang ketat sebagai dampak dinamika lingkungan eksternal seperti melakukan efisiensi dan berfokus pada unit bisnis yang berhubungan erat dengan kompetensi inti. Adapun sumber daya dan kapabilitas yang menjadi keunggulan kompetitif berkelanjutan bagi SCU yaitu finansial yang kuat, brand image yang kuat, relationship yang kuat, dan budaya perusahaan yang kuat. Kemudian aspek yang paling berperan dalam implementasi strategi SCU adalah brand image yang kuat dan relationship yang kuat yang telah dieksploitasi perusahaan dan mendapatkan keuntungan berupa penambahan pendapatan.
Upstream oil and gas technical data management services are an important part of supporting the oil and gas industry in the country because they play a role in supporting the smooth operation of oil and gas exploration and exploitation activities in order to increase national oil and gas production and boost state revenues from the oil and gas sector. However, the dynamics of the external environment that occurred in the last three years, including the triple shock caused by one of them, namely the Covid-19 pandemic, has made the competition in the data management industry even tighter and several companies experienced low growth and even stagnation. PT Sigma Cipta Utama is a subsidiary of PT Elnusa Tbk which is engaged in data management and is estimated to be the market leader. SCU is one of the companies that showed positive and even significant growth during the 2018-2020 period. This study aims to analyze the strategy implemented by SCU and identify aspects that play a role in the process of implementing SCU strategy in the data management business in terms of the influence of the macro environment, industry attractiveness, resources and capabilities as well as identifying the suitability of the implemented strategy with the business environment situation seen from the the company's position in the industry and the company's revenue accounting from year to year and then identify other strategic options that are expected to contribute to the company's growth. The results of the study indicate that the attractiveness of the data management industry is quite attractive. From the characteristics obtained from the data, it can be concluded that SCU applies a best-cost differentiation strategy. SCU implements several strategies in the face of intense competition as a result of the dynamics of the external environment such as implementing efficiency and focusing on business units that are closely related to core competencies. The resources and capabilities that become sustainable competitive advantages for SCU are strong finances, a strong brand image, strong relationships, and a strong corporate culture. Then the aspect that plays the most role in implementing the SCU strategy is a strong brand image and strong relationship that the company has exploited and has benefited in the form of additional income.
Kata Kunci : manajemen data, warehouse, data migas