Laporkan Masalah

Analisis Penggunaan Virtual Reality Pada Wisatawan Milenial Dalam Mempengaruhi Minat Berkunjug Ke Destinasi Wisata

MEIDY PUTRI UTAMI, Dr. Trikuntoro Priyambodo, M.Sc; Dr. Ir. Wahyuni Reksoatmodjo M.Sc

2022 | Tesis | Magister Kajian Pariwisata

Teknologi Virtual Reality (VR) dalam pariwisata merupakan kolaborasi yang berkembang pesat antara teknologi dan pariwisata. Manfaat VR di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu alternatif untuk bertahan. Namun jauh sebelumnya, VR digunakan dalam berbagai aspek pariwisata yang menguntungkan. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji bagaimana VR mempengaruhi minat berkunjung khususnya milenial Indonesia terhadap destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan VR dengan mengamati kualitas konten, kualitas sistem, kehadiran, kenikmatan dan kepuasan dalam menarik kunjungan milenial. Data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 371, berasal dari responden dengan cara mengisi kuesioner yang didistribusikan secara online. Data diolah dengan menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tujuh hipotesis yang diajukan, enam diterima dan satu ditolak. Kualitas konten, kualitas sistem mempengaruhi satisfaction, Presence mempengaruhi enjoyment dan satisfaction, Satisfaction dan enjoyment mempengaruhi intention to visit. Enjoyment tidak mempengaruhi satisfaction. Penelitian ini juga memberikan hasil bahwa kualitas konten, kualitas sistem, presence, enjoyment secara tidak langsung mempengaruhi minat milenial untuk mengunjungi destinasi wisata. Kualitas sistem dari VR berperan penting dalam menciptakan kepuasan dan minat berkunjung milenial, sehingga pengelola destinasi pariwisata perlu mempertimbangkan hal ini.

Virtual Reality (VR) technology in tourism is a rapidly growing product of collaboration between technology and tourism. The benefits of VR during the Covid-19 pandemic allow the technology to survive. However, previously, VR had already seen usage in various profitable aspects of tourism. For that reason, it is important to examine how VR affects an individual's among Indonesian millennial's interest in visiting travel destinations. This study aims to analyze the effects of using VR by observing the content quality, system quality, presence, enjoyment and satisfaction in motivating visits among millenials. A total of 371 samples were collected in this study, obtained from respondents via online-distributed questionnaires. The data were processed using the structural equation modeling (SEM) method. The results indicated that out of seven hypotheses proposed, six were accepted and one was rejected. Content quality and system quality affected satisfaction, while presence affected enjoyment and satisfaction; satisfaction and enjoyment affected intention to visit. Enjoyment does not affect satisfaction. This study also shows that content quality, system quality, presence, enjoyment indirectly affect millennial's interest to visit travel destinations. The quality of the VR system played an important role in creating satisfaction and intention to visit among millennials, so travel destination managers need to consider this.

Kata Kunci : Virtual Reality, Content Quality, System Quality, Presence, Enjoyment, Satisfaction, Intention to Visit, Millennials

  1. S2-2022-467837-abstract.pdf  
  2. S2-2022-467837-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-467837-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-467837-title.pdf