Laporkan Masalah

ANALISIS IMPLEMENTASI INDONESIAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY AWARDS (IISMA) DALAM KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DI UNIVERSITAS GADJAH MADA

ERNI KURNIA PUTRI, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D.; Prof. Dr. Ir. Sahid Susanto, MS.

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Penelitian ini membahas implementasi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Gadjah Mada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi program IISMA dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan diuraikan secara deskriptif analitik bagaimana implementasi program IISMA di UGM, apakah sudah sesuai dengan tujuan MBKM, dan faktor apa saja yang memengaruhinya. Penelitian dilaksanakan di Kantor Urusan Internasional (KUI) Bulaksumur F13 dan di beberapa fakultas di UGM dengan melibatkan pengelola MBKM IISMA Dikti, pengelola di KUI dan fakultas-fakultas di UGM, dan mahasiswa IISMA UGM periode pertama Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini berkesimpulan bahwa implementasi program IISMA di UGM dinilai sudah sesuai dengan tujuan kebijakan MBKM dimana mahasiswa mendapatkan kebebasan untuk memilih universitas tujuan mereka, mengambil mata kuliah di luar bidang studinya di universitas tujuan dan kredit yang diambil dapat diakui setara dengan 20 SKS saat sudah kembali ke UGM. Namun demikian, masih banyak tantangan yang dihadapi, salah satu diantaranya adalah bahwa mahasiswa UGM yang mengikuti program ini harus menyadari dengan sungguh-sungguh bahwa harus dapat menanamkan value dalam diri bahwa mereka adalah ambassador Indonesia. Ada hal-hal pada beberapa faktor yang perlu perhatian dan peningkatan, diantaranya pada faktor komunikasi, dimana waktu penyampaian informasi dan deadline pendaftaran yang sangat singkat. Selain itu, pada faktor sumber daya pendanaan, pencairan dana hanya dapat dilakukan sesaat sebelum keberangkatan juga menjadi salah satu hal yang dikeluhkan mahasiswa. Pada faktor disposisi, pemahaman pengelola di tingkat fakultas dan prodi perlu ditingkaatkan, terutama mengenai proses transfer kredit.

This paper discusses the implementation of Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) in the policy of Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) at Universitas Gadjah Mada. The aim of this research is to describe and analyze the implementation of IISMA program and the influencing factors. This study uses a qualitative approach, and is described analytically descriptive how the implementation of IISMA program at UGM is, whether it is in accordance with the MBKM objectives, and what factors is influencing it. The research was conducted in the Office of International Affairs (OIA) Bulaksumur F13 and in some faculties at UGM by involving the management of MBKM IISMA Ministry of Education, Culture, Research, and Technology, OIA UGM and several faculties UGM, and student of IISMA UGM for the first intake of Odd Semester for the 2021/2022 academic year. The result of this research shows that the implementation of IISMA program at UGM is considered to be in accordance with the objectives of MBKM policy where the students have the freedom to choose the host university, take courses outside the field of study at the host university and the credits taken can be recognized as equivalent to 20 credits when they return to UGM. However, there are still many challenges faced, one of which is that the students must be able to instill values that they are Indonesian ambassadors. There are things on several factors that need attention and improvement, such as in the communication factor, where the information delivery time and registration time are very short. In addition, on the factor of funding resources, the disbursement of funds can only be done shortly before the departure is also one of the things that students complain about. On the disposition factor, the understanding of faculty and study program members needs to be improved, especially regarding the credit transfer process.

Kata Kunci : implementasi program, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), faktor-faktor yang memengaruhi

  1. S2-2022-467971-abstract.pdf  
  2. S2-2022-467971-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-467971-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-467971-title.pdf