Laporkan Masalah

PERAN PEMIMPIN DALAM PROSES TRANSFORMASI DIGITAL PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA Studi di PT. TS

RICKI ERIKSON, Rr. Tur Nastiti, S.E., M.S.i, Ph.D.,

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Transformasi adalah salah satu strategi yang harus dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk dapat terus tumbuh dan mampu beradaptasi terhadap situasi dan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis. Transformasi perlu dilakukan untuk menyesuaikan individu, proses, dan infrastruktur dengan situasi baru yang dihadapi khususnya di era revolusi industri dan disruptif teknologi digital yang semakin masif. Pemimpin yang memiliki keterampilan dan karakteristik yang sesuai dengan situasi akan mampu membawa perusahaan dapat sukses melalui transformasi digital yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemimpin dalam transformasi digital di PT. TS. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan mencari faktorfaktor yang mendukung peran pemimpin dalam proses transformasi digital. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara dan survei kepada para narasumber atau informan dari berbagai unit yang ada di dalam perusahaan dengan menggunakan framework Wrede, Velamuri, dan Dauth, (2020). Peran pemimpin dalam proses transformasi digital diteliti kepada 2 (dua) kelompok di dalam perusahaan, yaitu kelompok pemimpin/atasan dan kelompok karyawan/bawahan, kemudian melakukan perbandingan terhadap pendapat kedua kelompok tersebut pada dimensi pemahaman tentang digitalisasi, dimensi penetapan konteks formal untuk digitalisasi, dan dimensi memimpin perubahan. Hasil analis data menyatakan bahwa para pemimpin di PT. TS menunjukkan bagaimana perannya dalam memimpin transformasi bisnis di era digital. Peran pemimpin meliputi peran untuk memahami digitalisasi, menetapkan konteks formal untuk digitalisasi, dan memimpin perubahan. Meskipun demikian, analisis data juga menunjukkan adanya kesenjangan pendapat antara kelompok pemimpin/atasan dan kelompok karyawan/bawahan tentang bagaimana peran pemimpin dalam proses transformasi digital. Hasil penelitian juga menunjukan adanya kesenjangan yang berbeda signifikan yang disimpulkan sebagai over expectation dan kesenjangan yang tidak berbeda signifikan atau disimpulkan sebagai same expectation. Kesenjangan yang dianalisis ini menjadi sinyal dan arah perbaikan lebih lanjut. Dalam penelitian ini diuraikan tentang bagaimana peran pemimpin dalam proses transformasi digital serta apa-apa saja dimensi yang mendapatkan tanggapan/respon yang signifikan berbeda ketika dilakukan perbandingan antara kelompok pemimpin/atasan dengan kelompok karyawan/bawahan.

Transformation is one of the strategies that must be carried out by companies or organizations to be able to continue to grow and be able to adapt to situations and changes that occur in the business environment. Transformation needs to be carried out to adapt individuals, processes, and infrastructure to the new situations faced, especially in the era of the industrial revolution and the increasingly massive disruptive digital technology. Leaders who have the skills and characteristics that are appropriate to the situation will be able to bring the company to success through the digital transformation carried out. The purpose of this study was to analyze the role of leaders in digital transformation at PT. TS. This research was conducted using a descriptive qualitative method by looking for factors that support the role of leaders in the digital transformation process. The research was conducted by conducting interviews and surveys with resource persons or informants from various units within the company using the Wrede, Velamuri, and Dauth framework, (2020). The role of the leader in the digital transformation process was examined in 2 (two) groups within the company, namely the leader/supervisor group and the employee/subordinate group, then made a comparison of the opinions of the two groups on the dimensions of understanding about digitization, the dimensions of establishing a formal context for digitization, and dimensions lead change. The results of the data analysis stated that the leaders at PT. TS shows how it plays its role in leading business transformation in the digital era. Leader roles include roles to understand digitization, establish a formal context for digitization, and lead change. However, the data analysis also shows that there is a gap of opinion between the leader/superior group and the employee/subordinate group about the role of the leader in the digital transformation process. The results of the study also show that there is a significant difference that is concluded as over expectation and a gap that is not significantly different or concluded as the same expectation. This analyzed gap becomes a signal and direction for further improvement. This study describes how the role of the leader in the digital transformation process is and what dimensions get significantly different responses when a comparison is made between the leader/superior group and the employee/subordinate group.

Kata Kunci : digital transformation, role of leader, disruptive technology, industrial revolution, descriptive qualitative.

  1. s2-2022-447811-abstract.pdf  
  2. s2-2022-447811-bibliography.pdf  
  3. s2-2022-447811-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2022-447811-title.pdf