Laporkan Masalah

ANALISIS SWOT TERHADAP PENATAAN DAN PERLINDUNGAN ARSIP VITAL PENGADAAN TANAH HASIL PROYEK OLEH KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT DI PT JASA MARGA (PERSERO) TBK CABANG JAKARTA-CIKAMPEK

ANITA NURWANDINI, Indah Novita Sari, S.IIP., M.A.

2022 | Tugas Akhir | D4 PENGELOLAAN ARSIP DAN REKAMAN INFORMASI

Pembangunan jalan tol sangat berkaitan dengan pengadaan tanah untuk kepentingan umum. Dalam pembangunan jalan tol tersebut tentunya membutuhkan dokumentasi dan pengarsipan yang sesuai dengan kaidah kearsipan. Oleh karena itu, Kementerian PUPR mengadakan proyek Penatalaksanaan Data dan Dokumen Pengadaan Tanah dengan tujuan agar arsip tersebut dapat ditemukan dengan mudah jika ada permasalahan hukum yang terjadi pasca pembebasan tanah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menjelaskan prosedur penataan dan perlindungan arsip vital pengadaan tanah dan menganalisisnya melalui analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman serta dapat memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan berikutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berasal dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi lapangan, wawancara, serta dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi sebuah informasi dengan menggunakan metode analisis kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa prosedur penataan dan perlindungan arsip vital pengadaan tanah pada proyek Penatalaksanaan Data dan Dokumen Pengadaan Tanah sudah berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan acuan yang diterapkan. Selanjutnya, dari tahapan prosedur tersebut ditemukan beberapa aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang diidentifikasi beserta strategi dari keempat komponen tersebut yang menghasilkan rekomendasi yang dapat diterapkan kepada Kementerian PUPR dalam penataan dan perlindungan arsip vital pengadaan tanah pada kegiatan pelaksanaan berikutnya.

The construction of toll roads is closely related to land acquisition for the public interest. In the construction of the toll road, it requires documentation and filing in accordance with archival rules. Therefore, Kementerian PUPR held a Land Acquisition Data and Document Management project with the aim that the archives can be found easily if there are legal problems that occur after land acquisition. The purpose of this research is to explain the procedures for arrangement and protection of land acquisition vital records and analyzing them through a SWOT analysis to identify strengths, weaknesses, opportunities, and threats and can provide recommendations that can be made in the next implementation. This research uses a qualitative descriptive method derived from primary and secondary data. Data collection methods consist of field observations, interviews, and documentation. The collected data is then processed into information using qualitative analysis methods consisting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions and data verification. The result of this research explain that the procedures for arrangement and protection of land acquisition vital records in the Land Acquisition Data and Document Management project has been running effectively and efficiently in accordance with the applied regulations. Furthermore, from the stages of the procedure, several aspects of strengths, weaknesses, opportunities, and threats were identified along with the strategies of the four components which resulted in recommendatons that could be applied to the Kementerian PUPR in arrangement and protection of land acquisition vital records in subsequent implementation activities.

Kata Kunci : Analisis SWOT, Penataan Arsip Vital, Perlindungan Arsip Vital,Pengadaan Tanah �

  1. D4-2022-460788-abstract.pdf  
  2. D4-2022-460788-bibliography.pdf  
  3. D4-2022-460788-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2022-460788-title.pdf