The Role of Public Relations for Jakarta - Cikampek South II Toll Road Projects
ADITYA RIFQI D, Cisya Dewantara Nugraha S.S., M.A
2022 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTugas akhir ini bertujuan untuk membahas peran dari Public Relation untuk pembangunan sebuah proyek jalan tol Jakarta - Cikampek Selatan II, tantangan, dan strategi seorang public relation dalam menghadapi masalah - masalah yang timbul akibat pembangunan sebuah jalan tol. Metode pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan menjadi partisipan langsung melalui program magang dari 11 Agustus hingga 11 November 2021 di kantor PT. Waskita Karya Proyek Jalan Tol Jakarta - Cikampek Selatan II, melakukan wawancara dengan beberapa staf, penduduk sekitar, dan kepala bagian Humas, dan membaca beberapa buku dan artikel dari internet sebagai studi pustaka. Data yang didapatkan dikelompokkan sesuai objektif dan disajikan secara detail dalam deskripsi menggunakan Bahasa Inggris dengan dukungan dan tabel. Berdasarkan hasil observasi dan studi pustaka yang dilakukan oleh penulis, PT. Waskita Karya Proyek Jalan Tol Jakarta - Cikampek sangat membutuhkan peran seorang Public Relations. Setiap harinya selalu ada protes dari penduduk sekitar tentang pembangunan jalan tol dan terdapat berbagai elemen dan lembaga masyarakat yang mempunyai peran penting dalam tatanan masyarakat sekitar yang menolak dan ingin melakukan diskusi dengan PT. Waskita Karya selaku kontraktor pembangunan jalan tol. Peran Public Relations disini untuk mencari solusi dan memberikan jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak agar pembangunan jalan tol tidak terhambat dan terlambat, serta memberikan edukasi bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya pembangunan jalan tol ini.
This final project aims to discuss the role of Public Relations for the construction of a South Jakarta - Cikampek II toll road project, the challenges, and strategies of a public relations officer in dealing with problems that arise as a result of the construction of a toll road. The data collection method that the author uses is to become a direct participant through an internship program from 11 August to 11 November 2021 at the PT. Waskita Karya of the South Jakarta - Cikampek II Toll Road Project, conducted interviews with several staff, local residents, and the head of the Public Relations section, and read several books and articles from the internet as a literature study. The data obtained are grouped according to objectives and presented in detail in descriptions using English with supports and tables. Based on the results of observations and literature studies conducted by the author, PT. Waskita Karya Jakarta - Cikampek Toll Road Project is in dire need of the role of Public Relations. Every day there are protests from local residents about the construction of toll roads and there are various elements and community institutions that have important roles in the structure of the surrounding community who refuse and want to have discussions with PT. Waskita Karya as a toll road construction contractor. The role of Public Relations here is to find solutions and provide the best solution for both parties so that toll road construction is not hampered and delayed, as well as provide education for the surrounding community about the importance of this toll road construction
Kata Kunci : Humas,Waskita Karya,Pembangunan Jalan Tol