Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BALAKOSA COFFEE & CO

RIPTANTYO ADI DHARMA, Dra. Sufitri, M.M.

2022 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada coffee shop Balakosa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan dua variabel X dan satu variabel Y, variabel X1 yaitu harga dan X2 yaitu kualitas produk sedangkan variabel Y adalah keputusan pembelian. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara menyebar kuesioner melalui Google Form yang kemudian diolah menggunakan Microsoft Excel dan SPSS dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan pada hasil penelitian serta pembahasan variabel harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai t hitung sebesar 2,585 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,664 dan nilai sig 0,011 lebih kecil daripada 0,05. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai t hitung sebesar 3,705 lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,664 dan nilai sig 0,011 lebih kecil daripada 0,05. Serta pengaruh antara harga (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dari hasil uji F sebesar 27,450 dengan nilai Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti variabel Harga dan variabel Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap variabel Keputusan Pembelian karena memiliki nilai Sig. atau Significance. kurang dari 0,05, dan nilai F hitung lebih dari F tabel 3,09.

This study aims to analyze the effect of price and product quality on purchasing decisions at the Balakosa Coffe Shop. This type of research is a quantitative research that uses two variables X and one variable Y, X1 is the price and X2 is the product quality, while the Y variable is the purchase decision. The data in this study were obtained by distributing questionnaires through Google Form which were then processed using Microsoft Excel and SPSS with multiple linear regression analysis. Based on the results of research and discussion of the price variable has a significant influence on purchasing decisions, it can be seen from the t-count value of 2.585 which is greater than the t-table value of 1.664 and the sig value of 0.011 which is smaller than 0.05. The product quality variable has a significant influence on purchasing decisions, as seen from the t-count value of 3.705, which is greater than the t-table value of 1.664 and the sig value of 0.011, which is smaller than 0.05. And the influence between price (X1) and product quality (X2) on purchasing decisions (Y) has a significant influence on purchasing decisions (Y), from the results of the F test of 27.450 with a Sig value. 0.000 is smaller than 0.05 which means that the price variable and the product quality variable simultaneously affect the purchasing decision variable because it has a Sig value. or Significance. less than 0.05, and the calculated F value is more than F table 3.09.

Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

  1. D3-2022-416563-abstract.pdf  
  2. D3-2022-416563-bibliography.pdf  
  3. D3-2022-416563-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2022-416563-title.pdf