Laporkan Masalah

Evaluasi sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Sumatera Barat

INDRAVERI, dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA

2003 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar belakang: Untuk mendukung tugas-tugas Manajemen kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Propinsi, pemerintah telah membangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) yang komputerize sejak tahun 1999, yang dikelola oleh Bidang Dokumentasi dan Informasi pada BKD Propinsi. Tujuan: Untuk mendeskripsikan pelaksanaan-Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, serta sejauh mana pemanfaatannya oleh manajemen dalam mengambil keputusan. Matode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif ekploratif dengan menggunakan data kualitatif yang didapat melalui: 1)wawancara dengan kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Bidang, tentang kemanfaatan Simpeg yang telah dirasakan. 2) Focus Group Discusion (FGD) dengan petugas Entri data Simpeg, untuk mengetahui,pengelolaan Simpeg mulai dari Input, Proses, Output dan Utilisasi.3) check dokumen hasil keluaran Simpeg. Hasil: Input sudah menunjukan tingkat kecukupan untuk operasional simpeg, pada tingkat proses berjalan tetapi belum sesuai dengan harapan yang disebabkan, ketersediaan formulir tidak sesuai dengan jumlah pegawai, formulir yang dikembalikan 90%, data selesai direkam 54,82 %, data yang bisa diakses 52,08 %. Dari segi out-put belum ada laporan yang dikeluarkan secara berkala, hal ini disebabkan data belum di entri seluruhnya oleh petugas. Pemanfaatan Simpeg masih minimal, terbatas sebagai kelengkapan dalam pengambilan kebijakan oleh pimpinan. Kesimpulan: Evaluasi terhadap input, proses, output dan utilisasi secara umum memadai, tetapi belum efektif dalam utilisasi. Dukungan lembaga sudah.:memadai. Dalam hal out put, laporan tidak dibuat secara berkala. Pemanfaatan informasi baru dilakukan untuk kebutuhan interen, BKD dan permintaan mendadak oleh Gubernur dan Bappeda dan informasi tidak dianalisis secara khusus.

Background: To support personnel management works at the provincial personnel institution, the local authority has founded personnel information management system (Simpeg) that has been computerized‘since 1999. It is managed by Department of Information and Documentation of the Emovincial Personnel Institution. Objectives: This study was aimed at describing the operation of personnel information management and how far the management has benefitted to make decisions. Methods: This was a qualitative descriptive explorative study with the qualitative data gathered from 1) interviews with the head of Personnel Institution, head of department about the benefit of Simpeg; 2) focused-group discussions with staff of Simpeg entry data to find out the management of Simpeg from its input, process, to its output. Results: The results showed that the input has shown sufficient for Simpeg operation; while its process has not been relevant with the expectation as the number of form available is lower than the number of personnel. The forms returned were 90%; data recorded reached 54.82%; accessible data were 52.08%; the output at this level was not reported regularly yet. This had not been relevant with the users' expectation, utilization, and the use of Simpeg was limited for completion for the management to make decision and the information was not analyzed specifically. Conclusion: In generally, the evaluation of input, process, output and utilization are cover, but uneffective yet in utilization. Supporting from the institution was cover. In its output, the report do not done periodically. The usage of information was done for needs to personnel institution intern and used to the government and Bappeda and the information was not analyzed specifically.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Evaluasi SIMPEG


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.