Laporkan Masalah

Produksi Web Series "Waktu ke Waktu" untuk Kampanye Perayaan Hari Ayah 2021 Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

WINDY ELPRIDA M, Syafrizal, S.I.P., M.A.

2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Terdampak pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata DIY perlu mencari alternatif lain guna mengoptimalisasi kegiatan promosi pariwisatanya. Web series yang bercerita tentang keluaraga kemudian menjadi solusi, melihat masyarakat Indonesia yang sering kali mengaitkan konsep liburan dengan keluarga. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, web series tersebut dilengkapi dengan Hari Ayah Nasional sebagai borrowed interest, momentum yang digunakan agar web series bisa lebih relevan dengan audiensnya. Dikerjakan secara berkelompok oleh tiga anggota, laporan skripsi karya ini disusun untuk memaparkan proses produksi web series sebagai promosi pariwisata dalam kampanye Hari Ayah Nasional oleh Dinas Pariwisata DIY.

Having been impacted by the Covid-19 pandemic, the Special Region of Yogyakarta Tourism Office needed to find alternatives in order to optimize their promotional activities. A web series that tells a family tale then became a solution, acknowledging that Indonesians tend to associate holidays with the concept of "family". To reach a wider audience, said web series will be using the National Father's Day as a borrowed interest, a momentum used to make the web series more relevant to its audience. Done in a group of three, this undergraduate thesis report is created to explain the whole process of producing a web series as a form of tourism promotion in a National Father's Day campaign by the Special Region of Yogyakarta Tourism Office.

Kata Kunci : produksi web series, promosi pariwisata, kampanye Hari Ayah Nasional