Pembentukan Agenda Media pada isu Pandemi Covid-19 (Analisis Isi Pada Media Online Kompas.com Periode Maret-Mei 2020)
RISKIASTRI P.R, Online Media , Agenda Media, Pandemic, Covid-19, Kompas.com
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIPeran media di masa pandemi covid-19 yang terjadi saat ini sangat penting. Media sebagai saluran untuk menyebarkan informasi baik dari pemerintah maupun dari pihak terkait perihal segala hal yang berkaitan dengan pandemi covid-19. Masyarakat menganggap bahwa fungsi media sebagai sumber berita yang dapat dipercaya dalam berbagai tahapan yang terkait dengan informasi kebencanaan dalam hal ini bencana non alam pandemi covid-19. Pada kasus pemberitaan pandemi covid-19 di Indonesia media mencoba untuk membangun agenda mengenai segala informasi yang berkaitan dengan covid-19 sehingga masyarakat menjadi mengangap penting untuk terus mengkonsumsi informasi yang disediakan oleh media yang bersangkutan dalam hal ini media online Kompas.com. Penelitian ini akan menggunakan teori agenda media dimana penelitian ini ingin melihat bagaimana kekuatan media kompas.com dalam membentuk agenda media dimasa pandemi. Penelitian ini akan menggunakan metode analisis isi kuatitatif dimana objek penelitiannya adalah media online kompas.com pada periode Maret-Mei 2020. Rentang waktu dipilih diawal pandemi covid-19 di Indonesia karena pada awal masa krisis di Indonesia sehingga banyak permasalahan yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di awal masa pandemi masyarakat masih merasa takut dan memiliki ketidakyakinan kepada pemerintah dalam penanganan pandemi covid-19 di Indonesia. Pembentukan agenda yang masih lemah berdampak pada pelaksanaan kebijakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
The role of the media in the current Covid-19 pandemic is very important. The media is a channel for disseminating information both from the government and from related parties regarding all matters relating to the COVID-19 pandemic. The public considers the function of the media as a reliable source of news in various stages related to disaster information, in this case, non-natural disasters, the COVID-19 pandemic. In the case of the news of the covid-19 pandemic in Indonesia, the media tries to build an agenda regarding all information related to covid-19 so that the public considers it important to continue to consume the information provided by the media concerned, in this case, the online media Kompas.com. This study will use the media agenda theory where this study wants to see how the power of kompas.com media in shaping the media agenda during the pandemic. This study will use a quantitative content analysis method where the object of research is the online media kompas.com in the March-May 2020 period. The time range was chosen at the beginning of the COVID-19 pandemic in Indonesia because at the beginning of the crisis in Indonesia so many problems arose. The results showed that at the beginning of the pandemic, people still felt afraid and had a distrusted government in handling the COVID-19 pandemic in Indonesia. The formation of an agenda that is still weak has an impact on the implementation of policies that are not by the needs of the community.
Kata Kunci : Media Online, Agenda Media, Pandemi, Covid-19, Kompas.com