EVALUASI KINERJA TEMPAT PENJUALAN KAYU (TPn) (STUDI KASUS TPn KARANG JATI KPH SEMARANG)
DELA PUSPITASARI, Dr. Ir. Ronggo Sadono
2006 | Skripsi | S1 KEHUTANANTempat Penimbunan Kayu dan Tempat Penjualan Kayu (TPK dan TPn) merupakan ujung tombak penjualan kayu dalam pengelolaan pe~ hutan yang multi aspek. TPK!rPn juga memiliki berbagai fungsi dan peran yang vital dalam Perum Perhutani. Kinerja atau seberapa baik perusahaan/organisasi melakukan pekerjaannya, perlu untuk selalu ditingkatkan dengan memperbaiki aspek-aspek lemah perusahaan/organisasi tersebut. Dengan demikian, penelitian tentang evaluasi kinerja TPn merupakan hal yang penting. Melalui evaluasi ini, selain dapat diketahui bagaimana kinerja suatu TPn, juga diharapkan akan didapatkan masukan balik (feedback) untuk perbaikan pelaksanaan pengelolaan perusahaan hutan khususnya di TPK!rPn. Penelitian dilakukan di TPn Karang Jati, KPH Semarang, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah pada bulan Juli - Agustus 2005. Evaluasi kinerja difokuskan pada kinerja pengorganisasian, dilakukan dengan metode Analisis Multi Kriteria (AMK) dengan mengolah data primer dan sekunder yang didapatkan dari studi pustaka maupun studi lapangan. AMK adalah perangkat pengambilan keputuSan yang dikembangkan untuk masalah-masalah kompleks multi kriteria yang mencakup aspek kualitatif dan atau kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja TPn Karang Jati cenderung bagus. Sedangkan umpan balik yang dihasilkan adalah bahwa untuk meningkatkan kinerja TPn Karang Jati dapat dilakukan upaya-upaya pembenahan beberapa aspek, di antaranya adalah prosedur pelimpahan wewenang, pelaksanaan pekerjaan di tiap struktur dan kejelasan struktur organisasi.
Wood-loading site (Tempat Penimbunan Kayu - TPK) and wood-selling site (Tempat Penjualan Kayu - TPn) are front-lines on wood-selling process in a forest company management. TPKffPn also has vital functions arid roles in Perum Perhutani which is one of the largest forest companies in Indonesia. Performance of a company/organization needs to be increased by improving the weak aspects of the company/organization. Therefore, a research on performance's evaluation of a TPn needs to be conducted. By doing this evaluation, not only the how good performance of a TPn can be determined, but also the feedbacks needed to improve a TPn's performance can be obtained. The study was done on TPn Karang Jati, KPH Semarang, Residence of Semarang, Province ofCentral Java, in July - Augusts 2005. The performance evaluation was focused on organizational performance. The study was done with Multi Criteria Analysis (MCA) method, by processing primary and secondary data those collected from a literature-based study and a field study. MCA is a tool in decision making which is generated to solve a multi-criteria complex problem that consists of qualitative and or quantitative aspects in the decision making process. The result ofthis study are, first, performance ofTPn Karang Jati tends to good, and second, a feedback obtained from analysis shows that the performance can be increased by improving several weak aspects, which are delegation of authority procedure, work implementation in each structure and organization structure
Kata Kunci : kinerja, Tempat Penjualan Kayu (TPn), analisis multi kriteria