FINAL ASSIGNMENT: International Marketing Strategy for Assai Software Services B.V.: Indonesian Document Management System Market
FAIZ AHMAD TAUFIQ, Rene Vrielink
2022 | Skripsi | S1 MANAJEMENSalah satu strategi sebuah perusahaan untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan keuntungan adalah dengan cara memperluas jangkauan dan cakupan dari pasar lokal ke pasar internasional. Saat ini, Assai Software Services sedang berusaha untuk memperluas jangkauan pasar ke tipe pasar baru. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan strategi yang cocok untuk Assai agar perusahaan tersebut dapat masuk ke tipe pasar baru. Peneliti menargetkan untuk membuat penelitian detail dari aspek internal dan eksternal sebelum menyimpulkan dan merekomendasikan opsi terbaik untuk masuk ke pasar Indonesia. Untuk mendukung laporan, peneliti melakukan beberapa wawancara dengan pegawai yang bekerja di perusahaan yang spesifik ditargetkan oleh Assai, kompetitor lokal di Indonesia, kompetitor internasional yang beroperasi di Indonesia, dan pegawai dari Assai yang bekerja di divisi yang berbeda Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa tren dari Document management System di Indonesia sedang naik berdasarkan kondisi seperti situasi pandemic dan kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi. Peneliti merekomendasikan Assai untuk mengimplementasi berdasarkan beberapa langkah bergantungkan kepada kondisi internal dari perusahaan.
Expanding the market from local to international scope is one of the strategy of a company to gain market share and to improve the profitability. Assai Software Services is currently thriving to enlarge their scope as an Multi-National Company to enter a new type of market. Thus, this research was conducted to formulate the suitable strategy for Assai to enter the new market. The researcher aimed to create an in-depth research from both internal and external aspects before concluding and recommending the best options to enter the Indonesian market. To support the report, the researcher conducted several interviews with employees from specific industry that being targeted by Assai, the local competitor in Indonesia, the international competitor that currently operates in Indonesia, and Assai�s employee that works in several divisions. From the research, the researcher could conclude that the trend of Document Management System in Indonesia is currently rising due to the conditions such as the pandemic situation and the need to improve the efficiency. The researcher recommends Assai to implement strategies based on steps depending on the internal situation.
Kata Kunci : Document Management System, Market Entry Strategy