Laporkan Masalah

Perubahan penyelenggaraan pendidikan dasar :: Studi kasus Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen

RAHMI, Fairuz, Prof.Dr. Sunyoto Usman

2003 | Tesis | S2 Sosiologi

Permasalahan yang hendak diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk perubahan dalam struktur organisasi, akademik, kepegawaian dan keuangan di SD Muhammadiyah Sapen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif diharapkan dalam penelitian ini akan memperoleh pemahaman dari fenomena sosial dengan menggunakan pendekatan deskripsi mendalam. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Sedangkan sample diambil secara acak sebanyak tiga puluh orang responden. Adapun variabel yang akan diteliti meliputi struktur organisasi, akademik, kepegawaian, dan keuangan. Namun karena data pada tahuntahun pertama berdiri sudah tidak ada maka peneliti hanya akan meneliti perubahan yang terjadi dengan membandingkan keadaan pada tahun 1990 dan 2001. Dalam pengumpulan data selain mengadakan pengamatan mendalam, peneliti menyebarkan angket dan melakukan wawancara kepada orang-orang yang menjadi key person. Untuk melengkapi data penelitian ini peneliti juga mengadakan wawancara kepada beberapa orang guru dan wali murid. Setelah semua data terkumpul kemudian akan dianalisa secara deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan yang cukup besar baik itu pada struktur organisasi, akademik, kepegawaian dan keuangan. Pada struktur organisasi tahun 2001 nampak bahwa strukturnya sudah sedemikian kompleks. Hal ini terlihat jelas dengan adanya pemecahan SD Muhammadiyah Sapen menjadi dua sekolah namun kedalamnya mereka tetap bersatu. Berbeda dengan keadaan pada tahun 1990 di mana struktur organisasinya masih sederhana. Selain itu pada tahun 1990 kepala sekolah tidak memiliki wakil kepala sekolah namun dalam struktur organisasi pada tahun 2001 terlihat bahwa wakil sekolah di SD Muhammadiyah Sapen ada enam orang. Dari segi akademik pada tahun 1990 ratarata NEM SD Muhammadiyah Sapen belum menunjukkan hasil yang menonjol. Namun pada tahun 2001 SD Muhammadiyah Sapen telah meraih berbagai prestasi diantaranya adalah dengan mendapatkan rata-rata NEM tertinggi bahkan di tingkat nasional. Sedangkan dalam bidang kepegawaian, pada tahun 1990 syarat penerimaan calon guru masih sederhana. Berlainan dengan situasi pada tahun 2001 di mana telah terjadi kompetisi yang cukup ketat diantara para calon guru ataupun pegawai dengan syarat-syarat penerimaan yang cukup berat. Kemudian kalau dilihat dari segi keuangannya maka SD Muhammadiyah Sapen pada tahun 1990 belum dapat menggaji guru dengan layak. Namun pada tahun 2001 sudah dapat dikatakan dapat menggaji guru dengan layak yaitu berdasarkan peraturan gaji pokok pegawai negeri tahun 1997 ditambah 60%. Walaupun hal ini menyebabkan beban orang tua murid semakin meningkat, namun apabila dilihat lebih jauh lagi maka ketergantungan kepada pemerintah justru semakin menurun.

The set of problem which be researched in this research is what about the change type in structure of organization, academic, officialdom and finance in SD Muhammadiyah Sapen (Muhammadiyah Elementary School of Sapen). Method of research that use is qualitative method. By using qualitative method then expected in this research would obtain an understanding of social phenomenon by use deep description approach. Preferred population in this research are the teachers of SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Whereas the sample will be take in by way of random as much as thirty persons of respondents. Now variable that will be researched include the structure of organization, academic, officialdom, and finance. Nonetheless because the data at early years of its establish is entirely disappeared then researcher just will be canvass the change which occurred by compare the situation in 1990 and situation in 2001. In aggregation of data, except undertake deep observation, researcher also distribute the poll and undertake interview with people who become the key persons. To equip data of this research then researcher also undertake interview with some teachers and trustee of pupils. After the data collected then will be analisys by descriptive analytic. Results from this research shows that have been acted a great change in structure of organization, academic, officialdom and finance. On division of organization structure in 2001 perceptible that the structure was become so complex. This situation is visible by evident in by way of presence the segregation of SD Muhammadiyah Sapen become two schools but in fact they are still unite firmly inside. Diverge with situation in 1990 where the organization structure still plain. In addition in 1990 the headmaster not have a vice of headmaster nonetheless in organization structure in 2001 perceptible that vice of headmaster in SD Muhammadiyah Sapen there is six persons. From academic aspect in 1990 the average of NEM (Score of Leaving Examination) SD Muhammadiyah Sapen not show a protrude results yet. Nonetheless in 2001 SD Muhammadiyah sapen already obtain various achievements among other is by gaining the highest NEM in fact at national level. Whereas on division of officialdom, in 1990 acceptance requirements to recruit for teacher still plain. Different with 2001 where have been acted competition that exactly tight among applicants for teacher as well as official with acceptance requirements that heavy enough. Afterwards if be view from finance aspect then SD Muhammadiyah Sapen in 1990 not pay a salary for teachers with a worthy wage yet. Nonetheless in 2001 already said proper to pay a salary for teachers with a worthy wage that is based on the main salary regulation for public officer 1997 and plus 60%. Although this fact cause the debit for trustee of pupils more increase, but if be view more further then dependently toward government just increasingly degrade.

Kata Kunci : Sosiologi,Pendidikan Dasar,Muhammadiyah


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.