Gambaran Karakteristik Produk dan Identifikasi Kualitas Informasi Obat (Consumer Medication Information) Suplemen Asam Folat yang Disajikan Melalui E-Commerce di Indonesia
REMIKO AGIT PUTRI, Dr. apt. Chairun Wiedyaningsih, M.Kes., M.App.Sc.
2022 | Skripsi | S1 FARMASITransaksi jual beli obat melalui e-commerce banyak diminati masyarakat karena kemudahannya. Salah satu produk yang banyak dicari adalah suplemen asam folat. Suplemen asam folat banyak terjual bebas pada situs e-commerce untuk praktik swamedikasi. Kebenaran dan kelengkapan informasi obat harus diberikan kepada pelaku swamedikasi agar tidak terjadi kesalahan penggunaan obat. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui karakteristik produk dan kualitas informasi obat suplemen asam folat yang disajikan melalui e-commerce di Indonesia. Karakteristik produk suplemen asam folat akan ditinjau melalui jumlah obat yang dijual, nama merek, bentuk sediaan, dan kandungan obat (tunggal/campuran). Sedangkan untuk kualitas informasi obat akan ditinjau dari konten informasi obat, tingkat keterbacaan informasi dan fungsi situs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian non-eksperimental dengan pendekatan cross-sectional yang dianalisis deskripsi evaluatif. Populasi penelitian ini adalah e-commerce yang ada di Indonesia (farmaku.com, k24klik.com, Tokopedia, Shopee) dan pengambilan data akan dilakukan secara purposif. Data karakteristik produk yang diperoleh selanjutnya dibuat tabulasi dengan hasil berupa jumlah dan persen. Kemudian dievaluasi kualitas konten informasi obat dengan instrumen Svarstad, keterbacaan informasi obat dengan instrumen Gunning Fog Test, dan evaluasi fungsi situs dengan empat kriteria evaluation of web functionality. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah suplemen asam folat sebanyak 268 produk. Suplemen asam folat bermerek lebih banyak dibanding generik dengan nilai sebesar 95,89%, bentuk sediaan suplemen asam folat yang paling banyak ditemukan adalah tablet, dan suplemen asam folat dengan kandungan tunggal lebih banyak dibandingkan campuran dengan nilai sebesar 71,27%. Kualitas konten informasi suplemen asam folat yang diteliti memiliki nilai sebesar 31,76%, nilai rata-rata tingkat keterbacaan informasi suplemen asam folat sebesar 14,30 atau sulit dipahami, dan hasil evaluasi fungsi situs menunjukkan bahwa keempat situs e-commerce yang diteliti memiliki fitur yang kurang lengkap karena hanya menyajikan fitur "Tanyakan Apoteker atau Penjual" dari keempat fitur yang diamati.
Transactions of buying and selling medicine through e-commerce are commonly conducted because of their ease. One of the products that are in high demand is folic acid supplements. Folic acid supplements are widely sold freely on e-commerce sites for self-medication practices. Therefore the truth and completeness of medicine information must be provided, so there is no medication error when consumers using the medicines. The purpose of this study was to describe the characteristics and quality of folic acid medicine information that was presented through e-commerce in Indonesia. The description of characteristics product is reviewed by the number of drugs, brand or generic names, dosage forms, and the active ingredients of drugs (single or mixed). The quality of medicine information is reviewed based on the content of medicine information, the readability level of medicine information, and sites functionality. This study is a non-experimental study with a cross-sectional approach that analyzed by evaluative descriptions. The population of the study consists of four e-commerce sites in Indonesia (farmaku.com, k24klik.com, Tokopedia, Shopee) and data was collected purposively. Data of characteristics product that obtained was tabulated with the results in the form of numbers and percentages. Then evaluate the quality of medicine information content using Svarstad instrument, the readability of medicine information using Gunning Fog Test instrument, and the evaluation of sites functionality using four web functionality evaluation criteria. Obtained data was analyzed using SPSS V.25. The result showed that the number of folic acid supplements was 268 products. The percentage of branded product of folic acid supplements was higher than generic by 95.89%. The most common form of folic acid supplements was tablet. The percentage of folic acid supplements with one active ingredient was higher than folic acid supplements with combined active ingredient by 71.27%. The quality of folic acid supplement information content was 31.76%, the average value of the folic acid supplement information readability level was 14.30, which is difficult to understand, and the evaluation of site functionality showed that four assessed e-commerce were incomplete because they only have the "Ask a Pharmacist or Seller" feature of the four observed features.
Kata Kunci : e-commerce, asam folat, karakteristik, kualitas informasi obat / e-commerce, folic acid, characteristic product, quality of medicine information