Laporkan Masalah

CORPORATE COMMUNICATION PERBANKAN DALAM MEMBENTUK PESAN EDUKASI MELALUI MEDIA SOSIAL (ANALISIS ISI KUANTITATIF KONTEN PENCEGAHAN PENIPUAN PADA AKUN RESMI INSTAGRAM @BANKSYARIAHINDONESIA YANG DIUNGGAH PADA BULAN FEBRUARI – OKTOBER 2021)

NATASYA QORRI A, Adam Wijoyo Sukarno, S.IP. M.A.

2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Digitalisasi perbankan mulai diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak awal merger. Namun digitalisasi ini berpotensi menimbulkan penipuan online sehingga mendorong bank untuk melakukan edukasi pencegahan penipuan sebagai bentuk corporate communication-nya dengan mengunggahnya dalam bentuk konten melalui media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif untuk memetakan isi pesan pada konten edukasi pencegahan penipuan BSI. Peneliti menggunakan konsep aspek edukasi milik Waluyo dkk (2018) dan kualitas informasi yang berfokus pada dimensi konten milik Marakas dan O'Brien (2013). Dari 22 objek penelitian, 82,79% konten memenuhi aspek edukasi dan memuat informasi yang berkualitas. Secara rinci, hasil rata-rata per unit analisis didapatkan hasil sebagai berikut: kognitif 87%, sosial 64,66%, emosional 49,5%, estetika 86,66%, spiritual 87,66%, ketepatan 100%, relevansi 90%, kelengkapan 77%, keringkasan 100%, cakupan 90%, pelaksanaan 78,3%. Dari hasil tersebut, BSI masih harus memaksimalkan unit analisis sosial dan emosional dalam kontennya. Namun secara keseluruhan, konten edukasi pencegahan penipuan masih tergolong baik.

Banking digitalization has been implemented by Bank Syariah Indonesia (BSI) since the beginning of the merger. However, this digitalization has the potential to cause online fraud, which encourages banks to conduct fraud prevention through education content as a form of corporate communication by uploading it in Instagram. This research used quantitative content analysis method to map the message content of the BSI fraud prevention education content. Researcher used the concept of educational aspects belonging to Waluyo et al (2018) and the quality of information that focuses on the content dimensions of Marakas and O'Brien (2013). From 22 research objects, 82.61% of the content fulfill the educational aspect and contains quality information. In detail, the average results per unit of analysis obtained the following results: cognitive 87%, social 64.67%, emotional 49.5%, aesthetic 86.66%, spiritual 87.66%, 100% accuracy, relevance 90%, completeness 77%, concise 100%, scope 90%, execution 78.3%. From these results, BSI still has to maximize social and emotional analysis units in its content. But overall, the fraud prevention educational content is still quite good.

Kata Kunci : Bank Syariah Indonesia, corporate communication, Instagram, konten edukasi, pencegahan penipuan, penipuan online, Bank Syariah Indonesia, corporate communication, educational content, fraud prevention, Instagram, online fraud