Laporkan Masalah

WACANA ANTI-KOMUNISME DALAM ISLAM POLITIK DAN "DEMOKRASI"

YAN PARHAS, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si.

2022 | Tesis | MAGISTER SOSIOLOGI

Wacana anti-komunisme di Indonesia diformasi secara diskursif dan kontinjen oleh wacana-wacana lain melalui berbagai instrumen dan proses pendisiplinannya. Studi ini membagi rentang waktu formasi wacana antikomunisme menjadi 5 (lima) sekuen berdasarkan peristiwa-peristiwa signifikan sebagai penanda adanya transformasi wacana-wacana utama yang membentuknya. Dalam rentang waktu tersebut, wacana khilafahisme dan Pan-Islamisme selalu muncul dalam masing-masing sekuen sebagai wacana utama, yang kemudian saling menyusup dan berkelindan dengan wacana-wacana lain sebagai sebuah cara beradaptasi atas perubahan-perubahan sosial politik yang terjadi pada setiap masa sekuennya. Hadirnya kedua wacana utama tersebut dalam wacana anti-komunisme telah membentuk dan memberi pemaknaan subyektif bagi subyek wacana antikomunisme, yang menjadikan praktik wacana anti-komunisme merupakan sebuah praktik Islam politik, yang ditandai dengan adanya: (1) pembentukan identitas Islam eksklusif; (2) pembentukan fantasi tentang superioritas Islam dan sistem penyelenggaraan negara berdasar ajaran Islam; (3) penggunaan ruang ekonomi politik formal maupun informal untuk menjalankan praktik Islam politik. Praktik Islam politik yang demikian menunjukkan adanya dualisme subyektif demokrasi dalam berbagai praktik demokrasi di Indonesia, yang tercermin dalam beberapa cara: (1) penggunaan politik identitas Islam; (2) penerapan standar ganda demokrasi Islam dengan memposisikan secara politis para subyek yang dianggap komunis sebagai enemy, bukan adversary; (3) menjalankan praktik demokrasi yang bersandar pada perintah individu tertentu yang dipersepsikan sebagai tokoh agama (ulama). Praktik-praktik "demokrasi" semacam itu meneguhkan dominasi kuasa pengetahuan Islam (yang dianggap sebagai kemutlakan ideal) dalam praktik sosial bernegara. Hadirnya praktik penyelenggaraan negara atas dasar ajaran agama merupakan hal yang identik dengan sistem totalitarian. Dengan demikian, melanggengkan wacana anti-komunisme berarti sebuah proses menuju negara yang totaliter.

The anti-communism discourse in Indonesia is discursively and contingently shaped by other discourses through its various disciplinary instruments and process. This study divides the time span of the formation of anticommunism discourse into 5 (five) sequences based on significant events as markers of the transformation of the dominant discourses. During the aforementioned period, the discourse of caliphate and Pan-Islamism always emerge in their respective sequences as the main discourse, which then infiltrates and intertwines with other discourses as a way of adapting to the socio-political changes that occur in each sequence period. The emergence of these two main discourses in anti-communism discourse have shaped and given subjective meanings to the subjects of anti-communism discourse, which turn anti-communism discourse practices into political Islam practices, which are characterized by: (1) the establishment of an exclusive Islamic identity; (2) the formation of a fantasy about the superiority of Islam and the system of state administration based on Islamic values; (3) the use of formal and informal political economic space to perform the practice of Islamic politics. Such practice of political Islam shows the subjective dualism of democracy in various democratic practices in Indonesia, which is reflected in several ways: (1) the use of Islamic identity politics; (2) the application of the double standard of Islamic democracy by politically positioning the subjects who are considered communists as enemies, not adversaries; (3) carry out democratic practices that rely on the orders of certain individuals who are perceived as religious figures (ulama). Such democratic practices confirm the dominance of the power of Islamic knowledge (which is considered an ideal absolute) in the social practice of the state. These "democratic" practices are identical with totalitarianism. Thus, they will perpetuate the discourse of anti-communism as a process towards a totalitarian state.

Kata Kunci : anti-communism discourse, political Islam, democracy

  1. ABSTRACT.pdf  
  2. S2-2022-434385-abstract.pdf  
  3. S2-2022-434385-bibliography.pdf  
  4. S2-2022-434385-tableofcontent.pdf  
  5. S2-2022-434385-title.pdf