PELATIHAN DOSEN KEBIDANAN DENGAN TEKNOLOGI AUDIENCE RESPONSE SYSTEMS (ARS) DALAM KULIAH DARING
KARUNIA WIJAYANTI, dr.Widyandana, MHPE, Ph.D.,Sp.M(K)
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU PENDIDIKAN KEDOKTERAN DAN KESEHATANINTISARI Pelatihan Dosen kebidanan dengan Teknologi Inovatif Audience Response Systems (ARS) dalam Kuliah Daring Tujuan penelitian: Dunia pendidikan kebidanan tidak terlepas dari transformasi strategi mengajar akibat pandemi covid-19. Pengajaran yang semula dilakukan tatap muka bergeser menjadi daring sehingga penting membekali pengajar kebidanan untuk memanfaatkan teknologi penunjang pembelajaran jarak jauh. Intervensi penelitian ini dalam bentuk pelatihan online dengan pendekatan experiential learning theory yang mengajarkan penggunaan teknologi inovatif Audience Response Systems (ARS) dalam kuliah daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelatihan dosen kebidanan dengan penggunaan teknologi inovatif Audience Response Systems (ARS) dalam kuliah daring dan menjelaskan proses pembelajaran yang terjadi pada pelatihan tersebut. Metode: Penelitian mixed-method yang diikuti oleh dosen sebagai peserta pelatihan dari dua institusi pendidikan jenjang D-3 bidan di Balikpapan. Rancangan kegiatan pelatihan dengan experential learning model Kolb dilaksanakan selama 3 hari efektif. Evaluasi dalam pelatihan ini digunakan untuk mengetahui kepuasan peserta terhadap pelatihan, peningkatan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan, serta keterampilan peserta dalam microteaching daring dengan menggunakan ARS. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dan data kualitatif dengan thematic analysis. Hasil penelitian: instrumen ETELM-LP-S menujukkan kepuasan pelatihan yang positif oleh partisipan, hanya item kendala teknis seperti jaringan dan device yang mendapatkan skor tengah. Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan partisipan terhadap penggunaan ARS dalam kuliah daring. Penilaian dari dari mahasiswa, sejawat peserta pelatihan dosen dan refleksi diri menunjukkan bahwa dosen dapat menggunakan ARS dalam sesi microteaching daring dengan baik. Kesimpulan: Partisipan memberikan respon positif terhadap kepuasan pelatihan penggunaan ARS dalam kuliah daring. Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan partisipan terhadap teknologi ARS serta memberikan keterampilan kepada peserta dalam menggunakan ARS dalam kuliah daring.
Midwifery Lecturer Training with Innovative Technology of Audience Response Systems (ARS) in Online Lectures Objective: The world of midwifery education cannot be separated from the transformation of teaching strategies due to the COVID-19 pandemic. Teaching which was originally done face-to-face has shifted to online, so it is important to equip midwifery teachers to take advantage of distance learning support technology. This research intervention is in the form of online training with an experiential learning theory approach that teaches the use of innovative Audience Response Systems (ARS) technology in online lectures. The purpose of this study was to evaluate the training of midwifery lecturers using the innovative Audience Response Systems (ARS) technology in online lectures and explain the learning process that occurs in the training. Methods: A mixed-method study that was followed by lecturers as training participants from two midwifery D-3 educational institutions in Balikpapan. The design of training activities using the Kolb experiential learning model was carried out for 3 effective days. The evaluation in this training was used to determine the participants' satisfaction with the training, increase the knowledge of participants before and after attending the training, as well as the skills of participants in online microteaching using ARS. Quantitative data were analyzed by descriptive statistics and qualitative data by thematic analysis. Results: the ETELM-LP-S instrument showed positive training satisfaction by participants, only technical constraint items such as networks and devices got the middle score. This training increases participants' knowledge of the use of ARS in online lectures. Assessments from students, fellow trainees and self-reflection showed that lecturers could use ARS in online microteaching sessions well. Conclusions: Participants gave a positive response to the satisfaction of training on the use of ARS in online lectures. This training increases participants' knowledge of ARS technology and provides skills to participants in using ARS in online lectures.
Kata Kunci : Kata kunci: Audience Response Systems, pelatihan, teknologi, kuliah daring