Laporkan Masalah

CORPORATE UNIVERSITY: AN INTEGRATED LEARNING PLATFORM TO DEVELOP CORPORATE STRATEGY CASE STUDY AT BNI CORPORATE UNIVERSITY

ANDHIKA SINUSAROYO, Wakhid Slamet Ciptono, MBA, MPM, Ph.D.,

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Corporate University adalah institusi pendidikan atau lembaga yang merupakan bagian strategis untuk mendukung dan membantu strategi dari perusahaan induk untuk mencapai tujuannya melalui pelaksanaan kegiatan yang mendorong individu dan menciptakan pembelajaran dan pengetahuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan best-practices pada salah satu corporate university terbaik di Indonesia, yaitu BNI Corporate University untuk mendukung strategi perusahaan Bank BNI. Menggunakan kerangka berpikir yang dinamakan “six strategic building blocks” yang juga digunakan oleh Boston Consulting Group untuk mengkaji dan mengukur kesuksesan atau keberhasilan suatu corporate university di dunia. Keenam komponen ini adalah ambition & objectives, activity scope, target audience & content, delivery model, governance & structure dan branding & alliances. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dengan wawancara focus group discussion dengan pihak BNI Corporate University dan juga data sekunder dari studi literatur terdahulu dan press-release atau laporan tahunan BNI. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari keenam komponen strategis tersebut saling melengkapi dan BNI Corporate University mengakomodir masing-masing peran tersebut. Keenam komponen tersebut masing-masing memiliki peran yang mendukung strategi bisnis Bank BNI. Terakhir, rekomendasi yang dapat dilakukan BNI Corporate University di masa depan adalah mengembangkan learning management system menjadi suatu platform yang terintegrasi dengan Human Capital Management System untuk memudahkan setiap kegiatan pembelajaran dan pengembangan kompetensi bagi pegawainya.

Corporate University is an educational institution or agency that is a strategic part to support and help the parent company to achieve its goals through the implementation of activities that encourage the individual and create organizational learning and knowledge. This study's objective is to know how the implementation of best practices at one of the best Corporate universities in Indonesia, BNI Corporate University to supports the Bank BNI company strategy. Using the framework called “six strategic building blocks” that are used by Boston Consulting Group to examine and measure the success of the corporate university in the world. These six components are ambition and objectives, activity scope, target audience & content, delivery model, governance & structure, and branding & alliances. This research was conducted using primary data with FGD interviews with BNI Corporate University and also secondary data from literature studies and BNI press releases or annual reports. These research findings indicate that the six strategic components is complementing each other and BNI Corporate University accommodates each of these roles. Each of the six components has a role that supports the business strategy of Bank BNI. Finally, the recommendations are BNI Corporate University in the future need to develop their learning management system into a one-stop integrated platform with Human Capital Management System that facilitates every employee activity in developing their competence and capability.

Kata Kunci : Corporate University, Six Strategic Building Blocks, Business Strategy, and Learning Management System

  1. s2-2022-452609-abstract.pdf  
  2. s2-2022-452609-bibliography.pdf  
  3. s2-2022-452609-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2022-452609-title.pdf