ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASA STUDI MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS GADJAH MADA
ALVIN FUADI, Prof. Dr. Ir. Sahid Susanto, MS; Dr.Ir. Johanes Pramana Gentur Sutapa, M.Sc
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa di Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UGM. Metode Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dan Kualitatif. Teknik pengolahan data yang dugunakan adalah Regresi Linier Berganda, dan Uji Chi-Square. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 105 yang diambil secara acak dengan kuesioner terdiri dari 55 item pertanyaan. Hasil penelitian diolah menggunakan Software SPSS 23. Hasil uji beda (Chi-Square) karakteristik mahasiswa menunjukkan faktor yang berhubungan positif signifikan terhadap lama masa studi yaitu (1) IPK S1 � 3,2 , status mahasiswa yang bekerja, tidak sesuaian keilmuan S1 dengan S2, sedangkan jenis kelamin, akreditasi program studi S1, usia, status pekerjaan, kepunyaan anak, status pernikahan, jumlah anak, usia anak, rentang studi S1-S2, dan sumber pembiayaan tidak berhubungan terhadap masa studi. Hasil regresi linier berganda menunjukkan variabel yang berpengaruh signifikan terhadap masa studi semakin lama yaitu permasalahan motivasi, permasalahan kemampuan meneliti, permasalahan kualitas bimbingan dan permasalahan lingkungan sosial. Hasil wawancara menunjukkan bahwa permasalahan motivasi mengerjakan tesis, perencanaan penelitian, tidak kontinuitas bimbingan, dan kesibukan pekerjaan merupakan faktor yang menghambat penyelesaian studi mahasiswa
This study aimed to determine the factors that influence the study completion period of Higher Education Management Graduate Program students, Gadjah Mada University. The research method used were quantitative and qualitative methods. The data processing technique used were Multiple Linear Regression and Chi-Square Test. 105 research subjects were taken randomly with a questionnaire consisting of 55 question items. The results of the study were processed using SPSS 23. The results of the Chi-Square test showed that undergraduate GPA was � 3.2, the status of working students, undergraduate and graduate scholarships did not match, had a positive and significant relationship with the length of study, while gender, undergraduate study program accreditation, age , employment status, having children, marital status, number of children, age of children, range of undergraduate-graduate studies, and sources of funding were not significantly related. The results of multiple linear regression indicated that motivational problems, research ability problems, quality of supervision problems and social environment problems have a significant effect on the length of the study. The results of the interview showed that the problem of motivation to work on the thesis, research planning
Kata Kunci : penyelesaian studi, motivasi, penelitian, bimbingan, lingkungan sosial/ completion of studies, motivation, research, supervision, social environment