Laporkan Masalah

EVALUASI DAMPAK PROGRAM INDONESIA PINTAR TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI SEKOLAH SERTA HASIL DAN CAPAIAN PROSES PENDIDIKAN DI INDONESIA TAHUN 2020

DWIJAYANTI, Prof. Samsubar Saleh, M.Soc.Sc.; M. Ryan Sanjaya, M.Int.Dev.Ec., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Ekonomika Pembangunan

Program Indonesia Pintar (PIP) mulai dilaksanakan pada tahun 2015 dan merupakan bagian dari penyempurnaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM). PIP merupakan program Conditional Cash Transfer (CCT) yang ditujukan kepada anak usia sekolah dari keluarga miskin dan rentan miskin untuk membantu biaya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak PIP terhadap tingkat partisipasi sekolah serta hasil dan capaian pendidikan pada tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Propensity Score Matching (PSM) dengan menggunakan sumber data dari Susenas 2020 Maret (Kor). Hasil dari estimasi dengan metode PSM menunjukkan bahwa PIP berdampak signifikan dalam meningkatkan tingkat partisipasi sekolah di semua jenjang pendidikan SD, SMP maupun SMA. Dampak PIP terhadap hasil dan capaian proses pendidikan adalah secara signfikan menurunkan tingkat putus sekolah di semua jenjang pendidikan, meningkatkan tingkat penyelesaian pendidikan SD dan SMP serta tidak signifikan memberikan dampak terhadap tingkat mengulang SD, SMP dan SMA namun dengan matching algorithm Radius Caliper hasilnya signifikan meningkatkan tingkat mengulang kelas SMA.

Program Indonesia Pintar (PIP) began to be implemented in 2015 and is part of the improvement of the Bantuan Siwa Miskin (BSM) program. PIP is a Conditional Cash Transfer (CCT) program aimed at school-age children from poor and vulnerable families to help pay for education. This study aims to determine the impact of the PIP on school participation rates and educational outcomes and achievements in 2020. The method used in this study is Propensity Score Matching (PSM) using data sources from the March Susenas 2020 (Kor). The results of the estimation using the PSM method show that PIP has a significant impact on increasing school participation rates at all levels of elementary, junior high and high school education. The impact of PIP on educational process outcomes and achievements is that it significantly reduces dropout rates at all levels of education, increases the level of completion of elementary and junior high school education and does not significantly impact the level of repeating elementary, junior high and high school but with a matching algorithm Radius Caliper the results significantly increase the level of repeat high school.

Kata Kunci : Evaluasi Dampak, Conditional Cash Transfer (CCT), Program Indonesia Pintar (PIP), tingkat partisipasi sekolah, tingkat putus sekolah, tingkat mengulang, tingkat penyelesaian pendidikan, Propensity Score Matching (PSM)

  1. S2-2021-464919-abstract.pdf  
  2. S2-2021-464919-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-464919-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-464919-title.pdf