PEREMPUAN DAN APLIKASI KENCAN DARING (Studi Fenomenologi Presentasi Diri Perempuan di Aplikasi Bumble)
FIRYA QURRATU'AIN A, Dr. Novi Kurnia, M.Si., MA
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KOMUNIKASIAplikasi kencan daring memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk melakukan selective self-presentation atau memilah-milah presentasi diri yang ing ditampilkan berdasarkan ideal self menurut penggunanya. Presentasi diri yang ditampilkan melalui profil pada aplikasi ini kemudian dievaluasi oleh calon pasangannya sebelum adanya interaksi lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomelogi yang akan mengamati dan mengkaji bagaimana perempuan melakukan melalui presentasi diri pada aplikasi kencan daring. Adapun penelitian ini mengelaborasi tiga konsep yaitu motivasi penggunaan aplikasi kencan daring (Sumter, dkk., 2017), presentasi diri di aplikasi kencan daring (Chamourian, 2017), dan evaluasi pengguna aplikasi kencan daring (Degen dan Kleeberg Niepage, 2021) Limitasi pada penelitian ini hanya melihat presentasi diri pengguna perempuan di aplikasi kencan Bumble, dan mengkaji presentasi diri tersebut tidak hanya melalui foto saja, tetapi semua aspek yang ada pada profil aplikasi kencan daring Bumble. Data primer didapat dari wawancara dan dokumentasi. Adapun informan yang dipilih pada penelitian ini terbagi menjadi dua: perempuan yang menggunakan aplikasi kencan Bumble (untuk menganalisis presentasi diri pada aplikasi tersebut) dan laki-laki yang merupakan match perempuan (untuk mengkaji evaluasi yang dilakukan terhadap presentasi diri perempuan tersebut). Hasil bahwa pengguna perempuan sudah melakukan selective self presentation atau menyusun strategi presentasi diri meskipun tidak maksimal. Hal ini dikarenakan tidak semua informan memaksimalkan ruang presentasi diri di aplikasi Bumble. Namun disisi lain, ketika dihadapkan dengan presentasi diri yang dilakukan oleh pengguna perempuan, pengguna laki-laki hanya akan melihat apa yang ingin mereka lihat saja. Adapun komponen yang mereka perhatikan pada presentasi diri pengguna perempuan di Bumble adalah foto dan Basic Info terutama pada bagian preferensi minuman beralkohol, frekuensi merokok, dan jenis hubungan yang dicari. Peneliti turut berharap melalui penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada baik pengguna maupun penyedia aplikasi kencan daring, bahwa memperhatikan ruang presentasi diri merupakan hal yang penting dalam terciptanya hubungan di aplikasi tersebut.
Dating applications allow users to do a selective self-presentation or sort out the self-presentation that is displayed based on the ideal self according to the user. The potential partner then evaluates the self-presentation displayed through the profile on this application before any further interaction. This study uses a phenomenological approach to observe and examine how women perform through self-presentation on online dating applications. This study elaborates on three concepts, namely the motivation for using online dating applications (Sumter et al., 2017), self-presentation in online dating applications (Chamourian, 2017), and evaluation of online dating application users (Degen and Kleeberg Niepage, 2021). This study only looks at the self-presentation of female users on the Bumble dating application and examines the self-presentation through photos and all aspects of the profile of the online dating application Bumble. Primary data were obtained from interviews and documentation. The informants selected in this study were divided into women who used the Bumble dating application (to analyze self-presentation on the application) and men who were female matches (to examine the evaluation carried out on the female self-presentation). The result is that female users have done selective self-presentation or developed a self-presentation strategy even though it is not optimal, even though not all informants maximize the space for self-presentation in the Bumble application. However, on the other hand, when faced with self-presentation made by female users, male users will only see what they want to see. The components that they pay attention to in the self-presentation of female users on Bumble are photos and Basic Info, especially in the section on alcoholic drink preferences, smoking frequency, and the type of relationship they are looking for. Researchers also hope that this research can contribute to both users and providers of online dating applications, that paying attention to the self-presentation room is essential in creating relationships in these applications.
Kata Kunci : Fenomenologi, Pengguna perempuan, Aplikasi kencan daring, Presentasi diri