Penilaian Literasi Kesehatan Mental dan Faktor-Faktor Kesehatan Mental Pada Mahasiswa
AZIP HASBI ASIDIK, Prof. Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si, Ph.D; Diana Setiyawati, M.HSc.Psy, Ph.D
2022 | Tesis | MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKATINTISARI Latar belakang: Mental termasuk dalam aspek yang disebutkan dalam definisi sehat yang sudah disepakati. Gangguan kesehatan mental umum terjadi pada mahasiswa. Health Promoting University (HPU) merupakan program yang mencangkup literasi kesehatan dan kesehatan mental untuk kesejahteraan warga kampus. Tujuan: Mengetahui literasi kesehatan mental, keadaan kesehatan mental, dan faktor-faktor kesehatan mental pada mahasiswa. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan Explanatory Squential Mixed Methods Design. Penelitian dilakukan pada 431 mahasiswa FKM UAD dan wawancara pada 8 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner self report dan panduan wawancara semi-struktur. Analisis data dengan regresi logistik dan analisis tematik. Hasil: Hampir sebagian mahasiswa (48,96%) memiliki literasi kesehatan mental yang rendah. Sebesar 61,95% mahasiswa mengalami masalah kesehatan mental. Beberapa faktor yang berhubungan secara signifikan dengan kesehatan mental mahasiswa adalah memiliki riwayat kekerasan (AOR:2,46 95%CI:1,62-3,73) dan interaksi teman yang kurang baik (AOR:1,64 95%CI:1,02-2,63) setelah mempertimbangkan variabel jenis kelamin, literasi kesehatan mental, aktifitas fisik, uang saku, tempat tinggal dan interaksi akaemik. Literasi kesehatan mental pada mahasiswa secara kualitatif belum mengetahui masalah kesehatan mental yang spesifik dan tempat pelayanan kesehatan mental. Secara kualitatif faktor memiliki riwayat kekerasan, interaksi teman yang kurang baik dan lingkungan merupakan faktor yang memperburuk kesehatan mental mahasiswa. Kesimpulan: Sebagian mahasiswa memiliki literasi kesehatan mental yang rendah dan secara kualitatif belum mengenali ciri-ciri dan jenis masalah kesehatan mental dengan spesifik dan tempat pelayanan kesehatan mental. Masalah kesehatan mental menjadi hal umum yang dialami oleh mahasiswa. Penting bagi kampus untuk meningkatkan literasi kesehatan mental dan lingkungan yang mendukung pengelolaan kesehatan mental.
ABSTRACT Background: Mental included in the aspects mentioned in the agreed definition of health. Mental health disorders were common among college students. Health Promoting University (HPU) was a program that covers health literacy and mental health for campus well-being. Objectives: This research aimed to assess mental health literacy, mental health conditions, and mental health factors among college students to support the implementation of Health Promoting University. Methods: This research utilized Explanatory Sequential Mixed Methods using data collected from 431 college students and interviewed 8 college students. This research instrument used a self-report online questionnaire and a semi-structured interview guide. Data analysis used logistic regression and thematic analysis. Results: Almost half of the college students (48.96%) had low mental health literacy. In the amount of 61.95%, students had mental health problems. Factors that significantly had relationships with mental health were have maltreatment history (AOR:2,46 95%CI:1,62-3,73) and poor friends interaction (AOR:1,64 95%CI:1,02-2,63) after adjustment with sex, mental health literacy, physical activity, allowance, habitation and academic interaction. Mental health literacy in college students qualitatively does not recognize the specific type of mental health problems and mental health services. Qualitatively mental health factors that most mention were have maltreatment history, poor friends interaction, and environment. Conclusion: Half of the college students have low mental health literacy and qualitatively do not recognize the type of mental health problems and mental health services. Mental health problems were common among college students. Campuses need to improve mental health literacy and an environment that supports mental health.
Kata Kunci : Literasi kesehatan mental, kesehatan mental, mahasiswa