Laporkan Masalah

TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN JOHN DEWEY TERHADAP PERAN ORANGTUA DALAM EDUKASI KESEHATAN REPRODUKSI PADA ANAK AUTIS

MUHAMMAD RIFKI R, Dr. Rr. Siti Murtiningsih, Dr. Hastanty Widi Nugroho

2022 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Autisme merupakan gangguan disabilitas yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menempatkan peran orangtua dalam kegiatan edukasi kesehatan reproduksi pada anak autis dengan menggunakan sudut pandang filsafat pendidikan John Dewey. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kajian mengenai permasalahan aktual dengan menggunakan metode hermeneutik filosofis. Dalam penelitian ini fokus pada proses intepretasi, koherensi, holistik dan melakukan deskripsi pada pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi yang ada saat ini dalam rangka mencari celah peran orangtua dalam mendukung terlaksananya pendidikan kesehatan reproduksi khususnya bagi anak autis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran orangtua dalam edukasi kesehatan reproduksi dapat dilakukan dengan memberikan perhatian, kasih sayang penerimaan dan pengawasan pada anak autis. Kedua, filsafat pendidikan John Dewey memiliki karakteristik mengedepankan tercapainya suatu progress dalam pendidikan. Ketiga, keterlibatan orangtua dalam aktivitas anak autis memiliki dampak positif bagi tumbuh kembang anak autis, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan kesehatan reproduksi yang mengedepankan partisipasi anak dan diarahkan pada peningkatan pengetahuan atau progress.

Autism is a disability disorder that causes a person to have difficulty in communication. This study aims to place the role of parents in reproductive health education activities for autistic children by using the educational philosophy of John Dewey. The research model used in this study is a study research model on actual problems using the philosophical hermeneutic method. In this study, the focus is on the process of interpretation, coherence, holistic and conducting a description of the current implementation of reproductive health education in order to find gaps in the role of parents in supporting the implementation of reproductive health education, especially for children with autism. The results of this study indicate that: First, the role of parents in reproductive health education can be done by giving attention, affection, acceptance and supervision to autistic children. Second, John Dewey's educational philosophy has the characteristics of prioritizing the achievement of progress in education. Third, the involvement of parents in the activities of autistic children has a positive impact on the growth and development of autistic children, including in the implementation of reproductive health education activities that prioritize children's participation and are directed at increasing knowledge or progress.

Kata Kunci : Anak, Autisme, Anak Autis, Pendidikan, Kesehatan Reproduksi, Progresivisme

  1. S1-2022-429640-abstract.pdf  
  2. S1-2022-429640-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-429640-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-429640-title.pdf