Kinerja organisasi pelayanan umum :: Kasus pelayanan KTP/KK dan akta di Kantor Pelayanan Terpadu Pemerintah Kabupaten Sukoharjo Jawa tengah
HARYANTO, Aris Tri, Dr. Warsito Utomo
2003 | Tesis | S2 Administrasi NegaraPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kinerja kantor pelayanan KTP/KK dan Akta di Kantor Pelayanan Terpadu dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja kantor pelayanan KTPKK dan Akta di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa kinerja di kantor pelayanan tersebut menunjukkan kinerja yang baik dengan memperlihatkan beberapa karakteristik seperti prosedur yang sederhana, proses pelayanan cepat, produktivitas tinggi, responsif, responsibiliti dan akuntabel. Variabel yang digunakan sebagai penentu kinerja kantor pelayanan KTPKK dan Akta dalam penelitian ini struktur organisasi, teknologi organisasi, budaya organisasi dan dukungan stakeholder organisasi. Penentuan keempat variabel tersebut didasarkan atas teori yang dianggap menjadi variabel penentu bagi kinerja organisasi pelayanan umum. Untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan metode penelitian dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dianalisis dengan tiga alur kegiatan seperti reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang terjadi secara bersamaan dengan melalui proses yang melingkar. Data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan pada pelaku-pelaku kunci balk di dalam organisasi maupun yang di luar organisasi yang turut beveran dalam mewujudkan kinerja Kantor Pelayanan KTPKK dan Akta di kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingginya kinerja Kantor Pelayanan KTPKK dan Akta ditentukan oleh keempat variabel yaitu struktur organisasi, teknologi organisasi, budaya organisasi dan dukungan stakeholder organisasi. Hal ini terlihat dari penerapan struktur organisasi yang jelas, teknologi yang sederhana, penciptaan budaya organisasi yang sehat serta dukungan stakeholder baik dari dalam organisasi maupun dari luar organisasi ternyata mampu meningkatkan kinerja organisasi.
The purpose of the research is to describe performance of ID Card/Family Card and Birth Certificate Servise Ofice and the factors that influence the performance of ID CardFamily Card and Birth Certificate Service Office in Unified Service Ofice of Residence of Sukoharjo, the Province of Central Java. With consideration that the performance of this service office indicates o good performance shown by characteristics such as simple procedures, fast service processes, high productuvity, responsive, the consistency to the rules and accountable. The variables that used by this research to define the performance of the service office are the structure of the organization, the technology used by the organization, the culture of the organization and the stakeholder bach-up of the organization. The fixation of these four based on theory considered as the definite variable of the performance of public service organization. To reach the purpose of the resesarch, the research methode that used is descriptive-qualitative research analized by three channel activity : data reduction, data serving, and the drawn of conclusion done at the same moment through twist process. The data gained from field observation, document study and inteviev with key actors inside and outside the organization who have role to realize the performance of ID Card/Family Card and Birth Certificate Service Office in Residence of Sukoharjo. The result of the research shows the good performance of ID CardFamily Card and Blrth Certificate Service in United Service Office of the Residence of Sukoharjo. Indicated by the increase of the productivity hand in hand with the increase of the service quality, the more responsive the organization to society aspiration, the consistency to the rules and the accountable og the organization. The good performance of the service organization deffited by four factors : the structure of the organization, the technology used by the organization, the culture of the organization, and the stakeholder back-up of the organization. The aplication of clear structure and simple technology, the creating of healthy organization culture, and a good stakeholder back-up from inside and outside the organization proved able to increase the performance of the organization
Kata Kunci : Kinerja Organisasi,Kantor Layanan Terpadu, Performance, ID Card, Family Card, Birth SertrJicat