ANALISIS RANTAI NILAI PADA PT MANDIRI SEKURITAS UNTUK MEMPEROLEH KEUNGGULAN KOMPETITIF BISNIS RETAIL BROKERAGE PADA INDUSTRI PASAR MODAL INDONESIA
SETYADI BAGUS M, Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.,
2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)Industri pasar modal Indonesia merupakan salah satu industri yang sangat kompetitif jika dilihat dari jumlah nasabah dan sifat persaingan yang ada antar perusahaan efek. Untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan posisi di industri pasar modal, Mandiri Sekuritas harus dapat bersaing dengan baik dan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan efek lain. Improvisasi dan inovasi perlu dilakukan terhadap kinerja rantai nilai (value chain) untuk mengantisipasi perubahan secara cepat yang ada dari internal maupun eksternal perusahaan. Untuk mendapatkan informasi mengenai rantai nilai mana yang memiliki keunggulan kompetitif maka pada penelitian ini menggunakan konsep rantai nilai dari Porter yang dimodifikasi dan blok bangunan keunggulan kompetitif dari Hill dan Jones. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif dalam bentuk unggul efisiensi (pada aktivitas Research and Development, Marketing and Sales, Company Infrastructure), unggul kualitas (pada aktivitas Customer Service, Human Resources), dan unggul inovasi (pada aktivitas Research and Development, Marketing and Sales, Customer Service, Information Systems). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perusahaan belum mempunyai keunggulan dalam bentuk unggul tanggap pelanggan pada aktivitas utama dan aktivitas pendukung
The Indonesian capital market industry is one of the most competitive industries when viewed from the number of customers and the nature of competition between securities companies. To be able to improve and maintain a position in the capital market industry, Mandiri Sekuritas must be able to compete well and have a competitive advantage over other securities companies. Improvisation and innovation need to be done to the performance of the value chain (value chain) to anticipate the rapid changes that exist from the internal and external companies. To get information on which value chains have a competitive advantage, the research used porter's modified value chain concept and the building blocks of competitive advantage from Hill and Jones. The research found that the company has a competitive advantage in the form of superior efficiency (in Research and Development, Marketing and Sales, Company Infrastructure), superior quality (in Customer Service, Human Resources), and superior innovation (in Research and Development, Marketing and Sales, Customer Service, Information Systems). The results also showed that the company does not yet have an advantage in the form of superior customer response to primary activities and supporting activities.
Kata Kunci : capital market industry, competitive advantage, value chain, and building block of competitive advantage