Laporkan Masalah

ANALISIS STRUKTUR INDUSTRI DOMPET ELEKTRONIK (ELECTRONIC WALLET) DI INDONESIA

JULIUS RAMADHAN, Willy Abdillah, Dr., M.Sc.

2022 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Dompet elektronik memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi digital. Saat ini hampir semua transaksi pembayaran terintegrasi dengan dompet elektronik. Dompet elektronik menjadi pilihan utama bagi konsumen yang ingin melakukan pembayaran karena memberikan kemudahan dalam transaksi. Perkembangan industri dompet elektronik diperkirakan akan meningkat seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan keuangan. Potensi peningkatan penggunaan dompet elektronik di Indonesia serta dukungan pemerintah dan Bank Indonesia, dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkeinginan untuk berinvestasi di dalam bisnis dompet elektronik ini. Penelitian ini memiliki tiga fokus tujuan. Pertama adalah untuk mengetahui struktur pasar bisnis dompet elektronik di Indonesia. Kedua adalah untuk mengetahui apakah bisnis dompet elektronik di Indonesia masih cukup menarik. Selanjutnya fokus ketiga adalah untuk mengetahui faktor sukses kunci dalam bisnis dompet elektronik di Indonesia. Data penelitian diolah secara kualitatif melalui sumber data primer melalui proses wawancara narasumber. Sedangkan data sekunder yang berupa konsep, definisi dan substansi dari beberapa literatur yang kemudian dianalisis menggunakan Indeks Herfindahl-Hirschman untuk mengetahui struktur pasar. Kemudian untuk menganalisis industri menggunakan Analislis Lingkungan Eksternal (PESTEL), Analisis Five Forces Porter dan Analisis Peta Kelompok Strategis. Berdasarkan hasil analisis Indeks Herfindahl-Hirschman struktur pasar dompet elektronik Indonesia adalah oligopoli. Hal berarti bahwa industri dompet elektronik Indonesia hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar. Berdasarkan analisis industri menggunakan Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis Five Forces Porter dan Peta Kelompok Strategis, industri dompet elektronik di Indonesia masih cukup menarik untuk dimasuki. Sedangkan faktor sukses kunci dalam bisnis adalah inovasi, modal dan aliansi strategis.

INDUSTRIAL STRUCTURE ANALYSIS of ELECTRONIC WALLET IN INDONESIA Electronic wallets play an important role in the development of the digital economy. Currently, almost all payment transactions are integrated with electronic wallets. Electronic wallets are the main choice for consumers who want to make payments because they provide convenience in transactions. The development of the electronic wallet industry is expected to increase along with advances in information technology and finance. The potential increase in the use of electronic wallets in Indonesia and support from the government and Bank Indonesia can be one of the considerations for those who wish to invest in this electronic wallet business. This research has three focus objectives. The first is to find out the market structure of the electronic wallet business in Indonesia. The second is to find out whether the e-wallet business in Indonesia is still quite attractive. Furthermore, the third focus is to find out the key success factors in the e-wallet business in Indonesia. The research data was processed qualitatively through primary data sources through the interview process. Meanwhile, secondary data in the form of concepts, definitions, and substance from several works of literature were then analyzed using the Herfindahl-Hirschman Index to determine the market structure. Then, analyze the industry using External Environmental Analysis (PESTEL), Porter's Five Forces Analysis, and Strategic Group Map Analysis. Based on the analysis of the Herfindahl-Hirschman Index, the structure of the Indonesian electronic wallet market is an oligopoly. This means that the Indonesian e-wallet industry is only dominated by a few big players. Based on industry analysis using External Environmental Analysis, Porter's Five Forces Analysis, and Strategic Group Map, the electronic wallet industry in Indonesia is still quite attractive to enter. While the key success factors in business are innovation, capital, and strategic alliances.

Kata Kunci : Indeks Herfindahl-Hirschman, Oligopoli, Analisis Lingkungan Eksternal, Analisis Five Forces Porter, Peta Kelompok Strategis, Faktor Sukses Kunci/ Herfindahl-Hirschman Index, Oligopoly, External Environment Analysis, Five Forces Porter Analysis, Strategic

  1. S2-2022-452720-abstract.pdf  
  2. S2-2022-452720-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-452720-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-452720-title.pdf