Pengembangan Dasbor Performa Penjualan UMKM Bumbu Instant RAJA Berbasis Bussiness Intelligence
ANIF NUR MUSTAQIM, Dr.Eng. Silmi Fauziati, S.T., M.T.;Ir. Agus Bejo, S.T., M.Eng., D.Eng., IPM.
2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASITransformasi digital merupakan perkembangan mendasar yang dilakukan dengan memasukkan sumber daya yang tersedia, termasuk pemanfaatan teknologi digital yang ada. Transformasi digital adalah fenomena yang tidak dapat dihindari ketika situasi berubah untuk fokus pada penggunaan teknologi digital. Siap atau tidak, perusahaan perlu mengadopsi transformasi digital untuk bertahan dan bersaing. Pada UMKM Bumbu Instant RAJA ditemukan permasalahan bahwa sebagian besar data rekap penjualan masih dalam bentuk bundel kwitansi, dan sebagian kecil data rekap tersebut ditulis dalam file excel dalam bentuk tabel tanpa adanya pivot sehingga diperlukan waktu dan usaha lebih untuk menarik informasi dari data tersebut untuk membantu pengambilan keputusan bisnis. Berdasarkan pada permasalahan tersebut, pada tugas akhir ini akan dilakukan implementasi transformasi digital pada UMKM Bumbu Instant RAJA terhadap data rekap penjualannya. Sebelum data tersebut digunakan, data tersebut diolah dengan proses Extract, Transform, Load (ETL) menggunakan Microsoft Excel. Kemudian data diolah menggunakan Business Intelligence (BI) dan dikembangkan dasbor visualisasi menggunakan Microsoft Power BI. Tugas akhir ini dikembangkan dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Kemudian untuk melakukan pengujian sistem digunakan metode Black Box Testing untuk mengetahui tingkat fungsionalitas sistem dan juga metrik System Usability Scale (SUS) untuk menentukan skala kebergunaan sistem pada Acceptability Ranges, Grade Scale, serta Adjective Ratings dari skor rata-rata metrik SUS. Keluaran dari tugas akhir yang dihasilkan berupa Dasbor Performa Penjualan UMKM Bumbu Instant RAJA Berbasis Bussiness Intelligence. Berdasarkan hasil dari pengujian didapati bahwa fungsionalitas sudah dapat berjalan seluruhnya, dan hasil uji kebergunaannya didapati nilai reratanya 75, yang artinya bahwa sistem dapat diterima oleh pengguna.
Digital transformation is a fundamental development that is done by including available resources, including the utilization of existing digital technologies. Digital transformation is an unavoidable phenomenon when the situation changes to focus on the use of digital technology. Ready or not, companies need to adopt digital transformation to survive and compete. In MSMEs Bumbu Instant RAJA, found the problem that most sales recap data is still in the form of receipt bundles, and a small percentage of the recap data is written in excel files in the form of tables without pivot so it takes more time and effort to pull information from the data to help business decision maRAJA. Based on these problems, in this final project will be carried out the implementation of digital transformation on MSMEs Bumbu Instant RAJA to its sales recap data. Before the data is used, the data is processed by extract, transform, load (ETL) using Microsoft Excel. Then the data is processed using Business Intelligence (BI) and developed visualization dashboard using Microsoft Power BI. This final project was developed using the Rapid Application Development (RAD) method. Then to conduct system testing used the Black Box Testing method to find out the level of system functionality and also the System Usability Scale (SUS) metric to determine the system's usefulness scale in acceptability ranges, grade scales, and adjective ratings from the average score of SUS metrics. The output of the final project generated in the form of sales performance dashboard of MSME Bumbu Instant RAJA Based on Bussiness Intelligence. Based on the results of the test it was found that the functionality can run entirely, and the results of the usefulness test were found an average value of 75, which means that the system is acceptable to the user.
Kata Kunci : Transformasi Digital, UMKM, Bussiness Intelligence, Visualisasi Data, Dasbor Visualisasi