Studi Kualitatif: Implementasi Social Emotional Learning pada Pembelajaran Daring di SD yang Menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan
ALDA WINONA ZAHRA, Theresia Novi Poespita Chandra
2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGIAdanya pandemi COVID-19 membuat berbagai sekolah menerapkan sistem pembelajaran daring untuk menekan penyebaran virus. Proses pembelajaran yang berpusat di rumah seharusnya tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga sosioemosi dan pengembangan karakter siswa. Stimulasi ini dapat dikembangkan dengan mengimplementasikan Social Emotional Learning dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengetahui bagaimana penerapan Social Emotional Learning selama pembelajaran daring serta tantangan yang dihadapi. Partisipan merupakan guru Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 di Yogyakarta dan Tangerang Selatan yang telah menerapkan model sekolah Gerakan Sekolah Menyenangkan. Hasil wawancara yang dianalisis menggunakan analisis tematik menghasilkan empat tema, yaitu: orientasi pembelajaran, model aktivitas, manfaat, serta tantangan pelaksanaan.
The COVID-19 pandemic made learning process is done through online learning in order to prevent the virus spreadness. Online learning from home should not only focus on cognitive aspect but also on socioemotional and character building. The implementation of Social Emotional Learning can help the teachers to stimulate and develop students' socioemotional aspect. Qualitative case studies were conducted to have a deeper understanding regarding the implementation of Social Emotional Learning in online learning and its challenge. Participants were four elementary teachers use Gerakan Sekolah Menyenangkan model from Yogyakarta and Tangerang Selatan. Based on the content analysis, four themes were grouped, namely: learning orientation, model activities, learning benefit and learning challenge.
Kata Kunci : Implementasi, Social Emotional Learning, pembelajaran daring, Sekolah Dasar, Gerakan Sekolah Menyenangkan