Laporkan Masalah

PREDIKSI PENJUALAN MOBIL AVANZA DI INDONESIA BERBASIS DATA TWIT

RAKYAN GALUH W, Ir. Subagyo, Ph.D., IPU., ASEAN.Eng.

2022 | Skripsi | S1 TEKNIK INDUSTRI

Industri otomotif merupakan satu dari tujuh sektor yang mendapatkan prioritas pengembangan dalam implementasi Industri 4.0. Salah satu tantangan yang dihadapi industri otomotif adalah siklus hidup produk yang memendek akibat perubahan preferensi konsumen yang sangat cepat. Hal tersebut mempengaruhi prediksi penjualan produk di masa depan. Siklus hidup produk dipengaruhi oleh faktor difusi dan adopsi inovasi dari suatu komunitas. Proses difusi tersebut dapat dibagi menjadi tiga fase berdasarkan waktu adopsi suatu produk dalam suatu komunitas yaitu initiation, growth, mature. Di sisi lain, preferensi konsumen terhadap suatu produktelah tersedia melalui internet. Terdapat lebih dari 4 milyar pengguna Internet yang mengakses blog, situs review, dan sosial media sehingga terekspos terhadap jutaan review, komentar, dan twit. Maka, penelitian ini akan membahas mengenai hubungan antara prediksi penjualan produk otomotif di Indonesia yaitu mobil Avanza dengan data twit pada ketiga fase hidup mobil tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis sentimen dengan VADER untuk menentukan sentimen twit. Uji uji validitas menggunakan kuesioner google form untuk menguji kedekatan hasil analisis sentimen VADER dengan penilaian manusia. Selain itu, metode regresi linear berganda digunakan untuk membuat model prediksi penjualan mobil Avanza berbasis data twit. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa data twit yang diambil tentang mobil Avanza dari Juli 2015 - Januari 2019 berjumlah 154.411 twit dengan rincian 54.653 twit pada fase initiation, 65.722 twit pada fase growth, dan 34.036 twit pada fase mature. Berdasarkan uji validitas menggunakan kuesioner, metode translate to preprocess terpilih menjadi metode terbaik untuk melakukan pemrosesan data twit. Terdapat hubungan antara data twit sebulan yang lalu (lag 1) dengan penjualan mobil Avanza. Pada fase initiation, terdapat hubungan antara jumlah penjualan (Y) dengan jumlah total twit (X1). Pada fase growth, terdapat hubungan antara jumlah penjualan (Y) dan rata-rata polaritas twit negatif (X6). Pada fase mature, terdapat hubungan antara jumlah penjualan (Y), persentase twit negatif (X3), dan rata-rata polaritas twit negatif (X6).

Automotive industry is one of seven sectors which is prioritized in Industry 4.0 implementation. One challenge faced by the industry is shortened product life-cycle due to rapid change of consumer preferences. This issue also affects the product sales prediction in the future. Product life-cycle is influenced by diffusion factor and innovation adoption in a community. The diffusion process is divided into three phases based on the time of product adoption, namely initiation, growth, mature. Furthermore, consumer preferences of a product are available in the Internet. There are more than 4 billions users of Internet who access blogs, review sites and social media hence exposed to millions of reviews, comments and tweets. Therefore, this study would explain about the correlation between automotive sales prediction in Indonesia named Avanza car and the tweets at three phases of the car. This study used sentiment analysis with VADER to determine the tweet sentiments. Validation test used google form questionnaire to test the accuracy between VADER sentiment result and human judgement. Furthermore, multiple linear regression method is used to model the sales prediction of Avanza car based on tweets. Based on the results, there are 154.411 tweets about Avanza on July 2015 - January 2019 with details: 54.653 tweets at initiation phase, 65.722 tweets at growth phase, and 34.036 tweets at mature phase. Based on validation test using questionnaire, translate to preprocess method is chosen to be the best method to preprocess the tweets. There are correlations between tweets from a month ago (lag 1) and Avanza car sales. At initiation phase, there is correlation between sales (Y) and number of total tweets (X1). At growth phase, there is correlation between sales (Y) and polarity average of negative tweets (X6). At mature phase, there are correlation between sales (Y), negative tweet percentage (X3), and polarity average of negative tweets (X6).

Kata Kunci : prediksi penjualan, siklus hidup produk, teori difusi, analisis sentimen, VADER, regresi linear berganda, twit, mobil

  1. S1-2018-425127-abstract.pdf  
  2. S1-2018-425127-bibliography.pdf  
  3. S1-2018-425127-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2018-425127-title.pdf