AN ALI SIS PENGANGKUTAN DENGAN LOGGING TRUCK PADA PENGUSAHAAN HUTAN ALAM (Studi Kasus Di PT. Sarmiento Parakantja Timber, Sampit, Kalimantan Tengah)
SUMARYATI, Ir. H. Haryanto, M.S.
2004 | Skripsi | S1 KEHUTANANPenehtian ini berlokasi di PT. San11iento Parakantja Tin1ber, Sampit, Kaiimantan Tengah. Pengangkutan kayu ie\vat jaian darat di perusahaan ini menggunakan heberapa logging truck tipe Mercedez Benz 3836AK dengan kaoasitas amrkut maksimal 51.43 ton. di mana kondisi umur dan kesiaoan keria .:._ '""" -· -· ... -' dari logging truck tersebut bervariasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi kesiapan kerja logging truck sebagai dasar penyusunan logging truck ke dalam beberapa kategori; mengetahui biaya pengangkutan dari masing-masing kategori dan untuk mengetahui prosentase dari komponen-komponen biaya pengangkutan. Pengelompokkan logging truck ke dalam beberapa kategori menurut kesiapan kerjanya, dilakukan berdasarkan laporan bulanan pengoperasian logging truck. Biaya pengangk-utan dihitung berdasarkan biaya usaha mesin serta produktivitas logging truck. Berdasarkan basil penelitian, terdapat tiga kategori logging truck 111enurut kesiapan kerjanya, yaitu : kategori A dengan nilai kesiapan ke1ja di atas 80%; kategori B dengan nilai kesiapan kerja antara 70% - 80% dan kategori C dengan nilai kesiapan kerja kurang dari 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan biaya pengangkutan dengan dasar biaya usaha mesin tidak dapat menunjukkan pengaruh dari kesiapan ke1ja logging truck terhadap biaya yang ditimbulkannya, hal ini disebabkan adanya perbedaan tahun dasar perhitungan. Biaya pengangkutan berdasarkan biaya usaha mesin yaitu kategori A sebesar Rp 416,86per1113 per km; kate~ori B sebesar Rp 516,22 per 1113 per km dan kategori C sebesar Rp 479,95 perm' per km. Pengarnh dari kesiapan kerja logging truck terhadap biaya pengangkutan ya11g ditimbulk:m akan terlihat saat perhitungan r1;J.,lrnlran p"d" tahun d"S"f \i'a""' S"'Il" d..,J..,,,... h.,l ;,..,11· b"'rdas"f1'"TI bi'"''" t;r1.,1r U.l_!_U,...1_'\._U-..l'\. J..l U U. J.J. • U U J _1_.t5 U...l. u.., U.lU...l.l.l _t_ U.1- .ll. V.1. U r'-.U i. UJU .l.U-U..n •• tetap, yaitu kategori A sebesar Rp 135,16 per m3 per km; kategori B sebesar Rp 221,74 per m3 per km dan kategori C sebesar Rp 293, 18 per m3 per km. Dengan semakin meningkatnya kesiapan kerja logging truck 111enyebabkan menurun.11ya biaya pengangkutan yang ditimbulkan. Biaya pengangkutan terdiri dari biaya tetap (50,09%) dan biaya tidak tetap (49 ,91 %). Bia ya tidak tetap terdiri dari pemakaian oelumas (0.95%). oerawatan dan oerbaikan (22A1%L ban (9.96%t - -"- ' -- , ' .._ :. ' - , - ' - _. upah borongan (2, 18%) dan solar (14 ,41 % ).
Kata Kunci : logging truck, Biaya Pengangkutan, Kesiapan kerja alat, Biaya Usaha Mesin