The Process of Digital Marketing in Pameo
ACHMAD ABID BILABAR, Yohana Ika Harnita Sari, S.Pd., M.Hum
2021 | Tugas Akhir | D3 BAHASA INGGRISTujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk membahas profil Pameo dan bagaimana Pameo melakukan proses digital marketing. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data tugas akhir ini adalah dengan melakukan obesrvasi, studi pustaka, dan interview selama pelaksanaan magang yang berlangsung kurang lebih selama dua bulan dari 2 Januari 2020 sampai 21 Maret 2020 di Pameo. Pameo merupakan agensi kreatif yang berfokus pada pelayanan branding, desain grafis, pengembangan website, dan pemasaran digital. Proses digital marketing di Pameo terdiri dari pitching client, mencari ide, membuat editorial plan, menjadwalkan konten, pemantauan media sosial, pengiklanan, dan pelaporan hasil. Pitching dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan calon klien dan menawarkan layanan dapat diberikan. Setelah terdapat kesepakatan, tim digital marketing akan mulai mencari ide untuk membuat konten. Ide-ide yang terkumpul akan disusun ke dalam editorial plan. Pada proses pembuatan editorial plan, ide-ide dikembangan menjadi sebuah konten berupa gambar dan keterangan. Selanjutnya, tim menjadwalkan konten untuk dipos di media sosial. Penjadwalan konten dapat dilakukan cukup dalam sehari saja. Dengan begitu, tim tidak perlu mengunggah konten setiap hari secara manual. Setiap harinya, tim fokus untuk memantau media sosial dan membuat konten untuk bulan berikutnya. Pengiklanan dapat membantu meningkatkan keterikatan dengan pengguna media sosial dan menambah pengikut. Di akhir bulan, tim mengirim laporan hasil dari kegiatan digital marketing kepada klien.
The purpose of this final project is to discuss Pameo's profile and how Pameo carries out the digital marketing process. The method used by the author in collecting data for this final project is by conducting observations, literature studies, and interviews during the internship which lasted for approximately two months from January 2, 2020 to March 21, 2020 at Pameo. Pameo is a creative agency that focuses on branding, graphic design, website development, and digital marketing services. The digital marketing process at Pameo consists of pitching clients, brainstorming ideas, creating editorial plan, scheduling content, monitoring social media, advertising, and reporting results. Pitching is done to identify the needs of potential clients and offer services can be provided. After the agreement, the digital marketing team will start brainstorming ideas to make content. The collected ideas will be compiled into an editorial plan. In the process of creating the editorial plan, ideas are developed into content in the form of images and captions. Next, the team schedules the content to post on social media. Content scheduling can be done in just one day. That way, the team do not have to manually upload content daily. Each day, the team focus on monitoring social media and creating content for the next month. Advertising can help increase engagement with social media users and increase followers. At the end of the month, the team sends a report on the results of digital marketing activities to the client.
Kata Kunci : advertising, agency, digital marketing, social media