Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI BERSAING PT MEGA CENTRAL FINANCE DI JAKARTA SELATAN

YEFTA FEBRICO M, Willy Abdillah, Dr., M.Sc.,

2021 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Saat ini sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Ibu Kota. Kondisi kemacetan di Jakarta membuat masyarakat membutuhkan transportasi yang efektif dan efisen. Akibatnya, permintaan sepeda motor di Jakarta semakin meningkat. Peningkatan permintaan sepeda motor juga ikut meningkatkan pangsa pasar bagi industri pembiaayan. PT. Mega Central Finance (MCF) menjadi salah satu perusahaan pembiayaan yang menawarkan jasa pengadaan sepeda motor bagi masyarakat di Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis posisi MCF cabang Pasar Minggu di industri pembiayaan wilayah Jakarta Selatan menggunakan pemetaan kelompok strategis. Berdasarkan posisi tersebut akan diformulasikan alternatif strategi bersaing bagi MCF Pasar Minggu. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Untuk analisis lingkungan eksternal digunakan analisis PESTEL, Five Forces Porter dan Pemetaan Kelompok Strategis. Sedangkan analisis lingkungan internal menggunakan analisis VRIO. Selanjutnya penggunaan SWOT Matrix dilakukan untuk mengolah hasil dari analisis lingkungan perusahaan. Terakhir, penerapan Diamond Strategy dilakukan untuk memformulasikan strategi bersaing perusahaan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa MCF Pasar Minggu saat ini berada di posisi ketiga perusahaan pembiayaan. Formulasi strategi perusahaan mengharuskan MCF meningkatkan sumber daya dan kapabilitas yang dimilikinya. Menciptakan citra baik di masyarakat bisa dilakukan MCF untuk dijadikan keunggulan dalam persaingan di industri pembiayaan.

Currently, Motorcycles are one of the necessities for the people of the capital city. The congestion condition in Jakarta makes people need effective and efficient transportation. As a result, the demand for motorcycles in Jakarta is increasing. The increase in demand for motorcycles has also increased the market share for the finance industry. Mega Central Finance Ltd. (MCF) is one of the finance companies that offers motorcycle procurement services for people in South Jakarta. This study aims to analyze the position of the MCF Pasar Minggu in the finance industry in the South Jakarta area based on strategic group mapping. Based on this position, an alternative competitive strategy will be formulated for MCF Pasar Minggu. This research is descriptive qualitative with data collection using interviews, questionnaires and observation. To analyze the external environment, researchers used PESTEL analysis, Porter's Five Forces and Strategic Group Mapping. While the analysis of the internal environment using VRIO analysis. Furthermore, the SWOT Matrix is used to process the results of the company's environmental analysis. Finally, the implementation of the Diamond Strategy is to formulate the company's competitive strategy. The results of the research show that MCF Pasar Minggu is currently in the third position of the finance industry. The company's strategy formulation requires MCF to increase its resources and capabilities. Creating a good image in society can be done by MCF to be an advantage in competition in the finance industry.

Kata Kunci : Perusahaan Pembiayaan, Pemetaan Kelompok Strategis, Diamond Strategy

  1. S2-2021-437079-abstract.pdf  
  2. S2-2021-437079-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-437079-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-437079-title.pdf